Kesehatan

Rahasia di Balik Senyum, Yuk Kenalan dengan Hormon yang Bikin Bahagia

Selasa, 18 Juni 2024 - 05:25 | 22.03k
lustrasi bahagia karena hormon dopamin(Foto: Freepik/Seva Levitsky)
lustrasi bahagia karena hormon dopamin(Foto: Freepik/Seva Levitsky)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bahagia merupakan perasaan senang yang dialami oleh seseorang. Ada yang bilang bahagia itu kita sendiri yang ciptakan. Tak salah memang, karena bahagia atau tidak memang tergantung masing-masing dari kita. Tapi tahukah Anda ada beberapa hormon bahagia yang mempengaruhi pikiran kita? 

Hormon bahagia itu akan menciptakan perasaan positif sehingga membuat kita senang atau bahagia. Hormon tersebut adalah dopamin, serotonin, oksitosin dan endorfin. 

Yuk kenalan sama para hormon asik ini


Dopamin

Dopamin adalah hormon sekaligus neurotransmitter yang menyampaikan perasaan baik. Hormon ini berkaitan dengan sensai yang menyenangkan, sekaligus membantu proses belajar dan mengendalikan sistem motorik dan daya ingat. 

Peran dopamin adalah memotivasi dan memberikan reward pada otak yangteraktivasi saat tubuh melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti sebelum makan. 

Cara mengaktifkan dopamin dengan makan protein, kurangin makan makanan yang tinggi lemak jenuh, konsumsi probiotik, sering olahraga, tidur yang cukup, dengerin musik, meditasi.


Serotonin

Mirip dengan dopamin, serotonin juga merupakan neurotransmitter yang berfungsi mengontrok suasana hati. 

Hormon ini bekerja dalam sistem pencernaan, siklus tidur, nafsu makan sekaligus memori otak. 

Selain sinar terang (matahari), makanan berikut juga dapat membantu membuat serotonin kita meningkat kadarnya, lho. Makanan sumber serotonin adalah telur, keju, nanas, tahu, salmon, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan daging ayam kalkun.


Oksitosin

Hormon ini disebut juga hormon cinta. Karena hormon ini punya peran penting dalam proses persalinan dan menyusui.

Hormon ini juga menciptakan rasa kepercayaan, empati dalan hubungan. Penelitian terbaru menyebutkan oksitosin juga berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh, proses penyembuhan hingga penerimaan rasa sakit. 

Berpelukan dapat meningkatkan oksitosin lho! 


Endorfin

Hormon ini akan memberikan efek relaksasi pada tubuh. Hal itu bermanfaat sebagai pereda nyeri alami. Hebatnya hormon endorfin ampuh untuk menghalau stres dan membuat otak lebih siap menghadai perasaan tidak nyaman. 

Endorfin merupakan penyebab munculnya perasaan euforia jika mengalir dalam jumlah yang besar. Olahraga dapat mengaktifkan endorfin.

Hormon bahagia itu bisa dipancing melalui beberapa hal. Mulai dari makanan enak, mendengarkan musik kesayangan, menikmati pemandangan indah, hingga terus bersama orang terkasih dan tetap berpikiran positif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES