Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Bangun Pagi bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Jumat, 21 Juni 2024 - 04:32 | 25.26k
Ilustrasi - Manfaat bangun Pagi (FOTO: hellosehat)
Ilustrasi - Manfaat bangun Pagi (FOTO: hellosehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTABangun pagi merupakan tantangan serius bagi yang tidak terbiasa dalam kehidupan sehari-hari. Namun, manfaat bangun pagi yang langsung dapat dirasakan adalah kualitas udara yang lebih baik.

Menghirup udara kaya oksigen dan minim polusi di pagi hari memberi kesempatan bagi tubuh untuk mengoptimalkan kinerja otak dan melancarkan peredaran darah. Hal ini tidak hanya menyehatkan secara fisik tetapi juga secara mental.

Keseimbangan tersebut akan membantu meningkatkan produktivitas dan mendukung aktivitas sepanjang hari dengan suasana hati yang lebih baik. Apalagi jika dilengkapi dengan sarapan sehat dan olahraga.

Selain itu, manfaat bangun pagi akan terasa lebih maksimal jika Anda meluangkan waktu untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi, yang membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh.

Selain kesehatan tulang, vitamin D juga diketahui melindungi dari beberapa jenis kanker (seperti kanker paru-paru, prostat, dan kulit) serta membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah yang berhubungan dengan kesehatan jantung.

Tak hanya itu, sinar matahari pagi juga diketahui dapat merangsang pembentukan hormon serotonin dalam tubuh, yang berkontribusi pada suasana hati dan keseimbangan mental yang lebih baik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES