Kesehatan

Persiapan yang Harus Dilakukan Saat Mencari Pengobatan Medis di Luar Negeri

Minggu, 07 Juli 2024 - 09:55 | 11.84k
Ilustrasi. Foto: Pixabay
Ilustrasi. Foto: Pixabay

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam wawancara eksklusif dengan Surya, CEO Opsi Medis, sebuah agen wisata medis terkemuka, berbagai aspek penting tentang persiapan yang harus dilakukan saat mencari pengobatan medis di luar negeri dibahas. Surya, dengan pengalaman luasnya dalam industri ini, memberikan panduan yang komprehensif untuk membantu pasien merencanakan perjalanan medis mereka dengan baik.

1. Riset dan Pemilihan Destinasi

Langkah pertama yang disarankan oleh Surya adalah melakukan riset mendalam tentang destinasi medis. "Pasien harus memilih negara dan rumah sakit yang terkenal dengan perawatan medis berkualitas tinggi. Faktor seperti akreditasi rumah sakit, teknologi medis, dan reputasi dokter sangat penting," kata Surya. Misalnya, banyak rumah sakit di Malaysia, Thailand, dan Singapura yang diakreditasi oleh Joint Commission International (JCI), yang menjamin standar kualitas internasional.

2. Konsultasi Awal dan Diagnosis

Sebelum memutuskan untuk berangkat, pasien harus melakukan konsultasi awal dan mendapatkan diagnosis yang jelas dari dokter di negara asal. "Opsi Medis selalu menyarankan pasien untuk mendapatkan pendapat kedua atau ketiga untuk memastikan diagnosis dan rencana perawatan yang tepat," ujar Surya. Konsultasi awal ini juga membantu dalam menyiapkan semua dokumen medis yang diperlukan untuk dibawa ke luar negeri.

3. Persiapan Dokumen Medis

Mengumpulkan dan mengorganisasi semua dokumen medis adalah langkah krusial. "Pasien harus membawa rekam medis lengkap, termasuk hasil tes laboratorium, rontgen, resep obat, dan riwayat medis. Dokumen-dokumen ini harus diterjemahkan ke dalam bahasa yang digunakan di negara tujuan jika diperlukan," jelas Surya. Menurut sebuah studi oleh Medical Tourism Association, persiapan dokumen yang baik dapat mempercepat proses perawatan hingga 20%.

4. Perencanaan Keuangan

Mengelola anggaran dan mempersiapkan keuangan adalah hal penting lainnya. "Pasien harus memiliki pemahaman yang jelas tentang biaya perawatan, termasuk biaya tersembunyi seperti obat-obatan tambahan, perawatan pasca operasi, dan biaya akomodasi," kata Surya. Opsi Medis membantu pasien untuk mendapatkan estimasi biaya yang transparan dari rumah sakit tujuan. Sebagai tambahan, Surya merekomendasikan memiliki asuransi kesehatan internasional yang dapat menutupi sebagian besar biaya medis.

5. Pengaturan Perjalanan dan Akomodasi

Surya menekankan pentingnya mengatur perjalanan dan akomodasi dengan baik. "Opsi Medis menyediakan layanan lengkap yang mencakup pemesanan tiket pesawat, transportasi lokal, dan akomodasi yang nyaman dekat dengan rumah sakit. Kami memastikan perjalanan pasien seaman dan senyaman mungkin," ujarnya. Menurut data dari International Medical Travel Journal, kenyamanan selama perjalanan dan akomodasi dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan dan pemulihan pasien.

6. Dukungan Emosional dan Keluarga

Persiapan mental dan dukungan emosional juga tidak boleh diabaikan. "Pasien sering kali merasa cemas saat berobat ke luar negeri. Membawa anggota keluarga atau teman dekat dapat memberikan dukungan emosional yang sangat dibutuhkan. Opsi Medis juga menyediakan layanan dukungan pasien yang mencakup konseling dan bimbingan selama masa perawatan," kata Surya.

7. Rencana Pemulihan dan Follow-Up

Merencanakan pemulihan dan tindak lanjut setelah perawatan adalah bagian penting dari proses. "Pasien harus mengetahui rencana pemulihan mereka, termasuk janji kontrol setelah operasi dan terapi fisik jika diperlukan. Opsi Medis membantu mengatur jadwal tindak lanjut dan berkomunikasi dengan dokter untuk memastikan pemulihan berjalan dengan baik," jelas Surya. Penelitian menunjukkan bahwa tindak lanjut yang baik dapat meningkatkan hasil perawatan hingga 30%.

Kesimpulan

Mencari pengobatan medis di luar negeri memerlukan persiapan yang matang dan rinci. Dari riset awal dan konsultasi medis hingga pengaturan perjalanan dan dukungan emosional, setiap langkah penting untuk memastikan perjalanan medis yang sukses. Dengan panduan dari Surya, CEO Opsi Medis, pasien dapat merasa lebih percaya diri dan terorganisir dalam menjalani perawatan medis di luar negeri, memastikan hasil yang optimal dan pengalaman yang positif.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Opsi Medis dan layanan wisata medis mereka, silakan kunjungi situs web mereka, www.opsimedis.id atau hubungi tim layanan pelanggan mereka.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES