Kesehatan

Penting! Tips Menjaga Kesehatan Ginjal di Usia 30an

Kamis, 11 Juli 2024 - 00:22 | 29.77k
Ilustrasi - Menjaga kesehatan ginjal dengan rutin olahraga. (FOTO: Freepik)
Ilustrasi - Menjaga kesehatan ginjal dengan rutin olahraga. (FOTO: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak mau menjalani diamolisis atau cuci darah? Yuk, menjaga kesehatan ginjal mulai sekarang. Bagaimana caranya menjaga kesehatan ginjal?

Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi penting. Diantaranya adalah membuang sisa metabolisme dalam tubuh melalui urine dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

Berikut tips menjaga kesehatan ginjal di usia 30an dari dr. Decsa Medika Hertanto, Sp. PD yang diunggah di instagram @dokterdecsa pada 17 April 2024.

1. Minum Air Putih

Menjaga kesehatan ginjal bisa dimulai dari konsumsi air putih 1,5-2 liter setiap hari. Dokter Decsa menyarankan untuk memberi target agar kebutuhan air minum terpenuhi. Selain itu, Dokter Decsa juga menyarankan untuk membatasi konsumsi minuman tinggi gula.

"Minum air putih 1,5-2 liter setiap hari. Sebisa mungkin batasi konsumsi minuman tinggi gula," katanya.

2. Makan Makanan Bergizi

Menjaga makanan juga menjadi hal penting dalam menjaga kesehatan ginjal. Konsumsi makanan sehat yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Kurangi makanan terlalu manis dan terlalu asin. Selain itu juga hindari makanan siap saji dan makanan yang melalui banyak proses.

"Kurangi makanan ultra process food (UPF) karena kandungan garam atau natrium tinggi bisa bikin penyakit komorbid," kata Dokter Decsa.

3. Istirahat Cukup

Pekerjaan menumpuk atau deadline pekerjaan menjadi salah satu penyebab seseorang kehilangan waktu istirahat. Padahal istirahat dan tidur yang cukup bisa menjaga kesehatan ginjal. "Tidur yang cukup kunci ginjal sehat," ujar Dokter Deksa.

Selain istirahat yang cukup, waktu tidur juga mempengaruhi kesehatan ginjal. Hindari begadang atau tidur terlalu malam agar ginjal tetap sehat.

4. Rutin Olahraga

Olahraga secara rutin juga turut andil menjaga kesehatan ginjal. Usahakan olahraga 15-30 menit perhari. Olahraga ini sangat disarankan bagi kamu yang memiliki pekerjaan minim aktivitas fisik.

5. Screening Penyakit

Melakukan medical check up setahun sekali sangat penting untuk mengetahui lebih dini kemungkinan gangguan kesehatan ginjal. Jangan biasakan ke dokter jika sudah ada keluhan berat.

Selain kelima hal di atas, ada hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Diantaranya adalah hindari merokok, hindari minum alkohol, hindari penyebab stres dan cemas berlebihan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES