Ketahanan Informasi

Kwarcab Gianyar Gelar Orientasi Kamabigus

Minggu, 03 November 2019 - 07:10 | 796.42k
Kwarcab Gianyar Gelar Orientasi Kamabigus
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar saat memberikan materi pada Orientasi Kamabigus. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GIANYARKwacab Gerakan Pramuka Gianyar menggelar orientasi kepada para Kepala Sekolah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) baik di tingkat satuan SD, SMP maupun SMA/SMK.

Orientasi yang resmi di buka oleh Ketua Harian Kwartir Cabang Gianyar I Gusti Ngurah Wijana dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar selama satu hari atau 6 jam, namun dilakukan secara bertahap setiap hari sabtu dan minggu. Khusus pada hari Sabtu, (3/Nov/2019) mengawali orientasi Kamabigus dimulai dari Kwartir Ranting Sukawati.

Ketua Panitia I Made Wibawa melaporkan bahwa pelaksanaan orientasi Mabigus tersebut sebagai upaya peningkatan kompetensi para kepala sekolah di bidang Kepramukaan, sehingga ke depan kepala sekolah meningkatkan peran sertanya mengaktifkan kegiatan Kepramukaan di sekolah atau di gugus depan masing-masing.

Orientasi-Kamabigus-2.jpg

Menurutnya kegiatan Pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib yang penting diberikan kepada para siswa.

“Sesuai Permendikbud 63 tahun 2014, Pramuka adalah ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di sekolah, sehingga orientasi ini diharapkan mendorong kepala sekolah mengembangkan Pramuka di sekolahnya,” ungkap Made Wibawa yang juga Kapusdiklatcab Gianyar.

Hal Senada juga disampaikan Ketua Harian I Gusti Ngurah Wijana saat memberikan materi  mengungkapkan Gugus Depan selaku ujung tombang penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan.

"Kepala Sekolah selaku Kamabigus mempunyai peran dan tanggung jawab khusus dalam ikut meningkatkan kualitas Pendidikan Kepramukaan di sekolah. Oleh karena itu maju mundurnya Gerakan Pramuka sangat tergantung pula dari peran serta Kamabigus," jelasnya pada TIMES Indonesia,

Orientasi-Kamabigus-3.jpg

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar I Wayan Sadra, S.H.,M.H yang hadir memberikan materi dihadapan 75 Kamabigus se Kwartir Ranting Sukawati untuk memahami segala landasan yuridis yang mengatur aktivitas Kepramukaan di sekolah. Women love to check out the sexiest men they have ever seen in the bold personals section of their favorite dating site. It has to be an amazing feeling seeing a potential husband or boyfriend right before your eyes who has only posted photos of himself looking sexy and hot. Most of the men who post pictures of themselves in the bold personals section are hot looking and it is common for a woman to take a closer look at the girls in these photos before approaching them. However, many women take the photos of these guys down to their computer and use them to create their

"Jangan sampai Bapak-Ibu Kepala Sekolah tidak mengetahui dan bahkan tidak memahami Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar dan Menengah," ungkapnya.

Dengan memahami aturan yang mengatur penyelenggaraan Kepramukaan di sekolah,  Kepala Sekolah mampu bertanggungjawab dan memahami dan melaksanakan perannya secara penuh untuk kegiatan Pramuka di sekolah.

Setelah Kamabigus se-Kwartir Ranting Sukawati, hari ini Minggu (3/11/2019) akan dilanjutkan dengan Orientasi untuk Kamabigus di Kwartir Ranting Gianyar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES