Indonesia Positif

Dari Pramugari hingga Jadi Puteri Indonesia Favorit Banten, Shinta Yuliasmi: Mimpi Haruslah Besar

Sabtu, 05 Februari 2022 - 14:14 | 190.90k
Shinta Yuliasmi, Puteri Indonesia Banten Favorit 2022. (Foto: Shinta Yuliasmi for TIMES Indonesia)
Shinta Yuliasmi, Puteri Indonesia Banten Favorit 2022. (Foto: Shinta Yuliasmi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TANGERANG – Mimpi haruslah besar, karena mimpi yang besar akan mendorong energi positif kita untuk dapat meraihnya. Prinsip itulah yang dipegang Shinta Yuliasmi, Puteri Indonesia Banten Favorit 2022.

Shinta menyatakan terdorong untuk belajar lebih banyak tentang ilmu, pendidikan, kesehatan, kesejahteraan kemiskinan, dan tentang bagaimana mengelola sumber daya manusia yang efisien. Hal itu tidak dapat dilepaskan dari pengalaman kerja didunia penerbangan dan aktivitas sosialnya membantu masyarakat ekonomi lemah.

Di tengah kesibukan sebagai FA, Shinta juga mengambil progam Studi Pasca Sarjana Teknik Industri untuk memperkuat ilmu dasarnya dalam bidang manajemen bisnis yang sudah dimiliki sebelumnya. Pendidikannya itu juga untuk menambah rasa percaya diri serta menjadi bekal menghadapi persaingan dan perubahan bisnis global yang sangat cepat hari ini. 

"Saya berharap apa yang sudah dan akan saya lakukan hari ini dapat menjadi legacy, dapat membanggakan keluarga, teman, kampus dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia khususnya Banten," ujar gadis kelahiran tahun 1995 ini, Selasa (1/2/2022).

Shinta bercerita pengalamannya sebagai FA yang terbang hampir ke seluruh kota-kota besar di Indonesia memberikan pelajaran yang berharga perihal masyarakat marginal dengan kemampuan ekonomi terbatas. 

"Saya melihat masih banyak hal-hal yang dapat kita dorong untuk membantu masyarakat ekonomi lemah dengan memperbaiki kualitas hidupnya. Pandemi Covid-19 yang muncul sejak 2 tahun lalu semakin memperdalam penderitaan masyarakat lapisan bawah saat ini, pengangguran bertambah, dan angka kemiskinan secara kuantitatif semakin meningkat," ucap pemilik akun Instagram @shinta.yuliasmi

Gadis kelahiran Jakarta ini menyebut, berdasarkan data dari BPS tahun 2020 menunjukkan bahwa rakyat Indonesia yang berada di bawah garis kemiskinan masih sekitar 10%. Hal inilah yang menjadi salah satu trigger sekaligus concern dirinya dan kawan-kawan muda untuk membangun sebuah komunitas sosial nirlaba.

Komunitas tersebut dapat membantu dan menjadi fasilitator masyarakat ekonomi lemah atau marginal untuk memperbaiki kualitas hidupnya termasuk dalam bidang pendidikan maupun kesehatan hingga mendirikan komunitas HOPE Indonesia.

"Karenanya anak muda harus selalu menjadi sebuah lokomotif perubahan dan inspirasi untuk kebaikan serta jangan pernah lelah untuk berbagi kebaikan karena dengan berbagi akan selalu membuat kita dan orang lain bahagia," ungkap gadis yang berkuliah S2 di Binus University ini.
Shinta menyampaikan, karena Indonesia ini penuh dengan pesona, keindahan, keramahtamahan serta penuh dengan kebhinekaan, maka ia mengajak untuk merawat negeri ini dengan sebaik-baiknya.

"Sebagai sebuah provinsi, saya melihat bahwa Banten merupakan wilayah strategis Indonesia karena memiliki Bandara Soekarno Hatta Tangerang. Bandara ini menjadi salah satu pintu masuk penting Indonesia melalui jalur udara dan menjadi magnet kehidupan sosial dan ekonomi di Pulau Jawa," bebernya.

Shinta berbicara bahwa wilayah Banten juga menjadi jalur lalu lintas laut yang sangat strategis untuk wilayah barat Indonesia karena menjadi penghubung antara Pulau Jawa dan Sumatera.

Dia menambahkan,  sebagai sebuah provinsi penyangga Ibu kota, Banten mempunyai potensi serta daya tawar tinggi. Di wilayah ini memiliki potensi industri yang sangat banyak mulai dari pariwisata, pertanian, perikanan, kelautan, pertambangan hingga pendidikan dengan kampus berkualitas Internasional terdapat di wilayah Banten. 
Menurut Shinta,Banten memiliki pantai-pantai yang sangat indah, cagar budaya yang beragam hingga menjadi salah satu kekuatan pariwisata Banten yang harus didorong menjadi destinasi wisata Nasional bahkan Internasional. 

"Tanjung Lesung sebagai salah satu dari 'Bali Baru Indonesia" dapat dijadikan milestone dan lokomotif industri pariwisata di Banten," kata Gadis gadis yang memiliki bisnis kuliner ini.
 
Shinta juga ingin mendorong Banten sebagai salah satu sentra atau ikon pariwisata Indonesia, menjadi sentra pendidikan Nasional yang berkualitas Global dan merupakan sebuah kehormatan juga kebanggaan baginya apabila dapat memberikan kontribusi positif untuk Propinsi Banten dan masyarakatnya. 

"Saya, Shinta Yuliasmi, memohon doa restu dan dukungannya kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Banten, agar bisa maju membawa nama Banten di ajang Nasional Puteri Indonesia 2022, melalui voting yang akan dilaksanakan tanggal 6 Februari 2022 - 12 Febuari 2022," pungkas Puteri Indonesia Banten Favorit 2022 ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES