Ketahanan Informasi

Sempat Dihentikan Akibat Covid-19, Sejak Agustus Perpusda Bontang Kembali Buka Layanan Malam

Rabu, 23 November 2022 - 21:03 | 4.96k
Sempat Dihentikan Akibat Covid-19, Sejak Agustus Perpusda Bontang Kembali Buka Layanan Malam
Perpustakaan Daerah Kota Bontang (FOTO: Dpk bontang)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Bagi warga Bontang yang tidak sempat berkunjung ke Perpustakaan Daerah Bontang (Perpusda Bontang) pada pagi atau siang hari tidak perlu khawatir. Pasalnya, saat ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang telah membuka layanan pada malam hari.

Sebelumnya, layanan malam hari Perpusda Bontang sempat dihentikan akibat lonjakan kasus Covid-19 di tahun 2021 lalu. Kemudian layanan malam hari Perpusda kembali di buka untuk umum sejak, 15 Agustus 2022.

Kepala Dinas (Kadis) DPK Retno Febriaryanti melalui Pustakawan Perpustakaan daerah Bontang, Nuriana mengatakan pengunjung Perpusda pada malam hari di dominasi kalangan pelajar dan mahasiswa.

"Biasanya Perpustakaan ramai akan dikunjungi anak sekolah yang memiliki tugas atau yang tidak sempat berkunjung di siang hari," ungkapnya Rabu (23/11/2022)

Selain itu, pelayanan Perpusda pada malam hari membuka berbagai macam layanan, diantaranya; pembuatan kartu anggota, peminjaman dan pengembalian buku (Layanan Sirkulasi) serta pelayanan lainnya.

Untuk waktu pelayanan malam dibuka mulai Senin-Jumat, mulai pukul 19.30-22.00 WITA.

Lebih lanjut, Nuriana menyebut peminjaman buku di Perpustakaan Daerah Bontang ada batas waktu, ketentuannya selama satu minggu.

"Untuk satu kartu anggota bisa pinjam sampai tiga buku. Misal, pinjam buku tapi belum selesai maka bisa diperpanjang masa peminjamannya," terangnya.

Ia juga menyampaikan, apabila terjadi kehilangan buku yang dipinjam maka Pemustaka wajib mengganti buku yang dihilangkan, minimal yang diganti serupa dengan buku yang dihilangkan.

Sementara, apabila terjadi kerusakan pada buku yang dipinjam oleh Pemustaka, DPK Bontang terlebih dahulu akan mencari tahu penyebab kerusakan buku.

"Buku rusak sebelum dipinjam atau pada saat setelah peminjaman. Biasanya jika ada kerusakan kami langsung perbaiki, baru bisa dipinjam," ungkap Pustakawan Perpusda Bontang, Nuriana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES