Ketahanan Informasi

Dosen Unikama Kembangkan Rancangan Pembelajaran Kewirausahaan Dukung MBKM

Kamis, 24 November 2022 - 20:36 | 13.93k
Dosen Unikama Kembangkan Rancangan Pembelajaran Kewirausahaan Dukung MBKM
Narasumber FGD Rancangan Model Pembelajaran Kewirausahaan, Mitra dan Tim Peneliti. (FOTO: dok UNIKAMA)

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim Dosen Unikama (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang) menggelar riset kewirausahaan untuk mendukung kegiatan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Riset ini diketuai oleh Endi Sarwoko, dengan hasil capaian menghasilkan model atau rancangan kegiatan MBKM. 

Endi Sarwoko menyampaikan riset dosen Unikama ini bertujuan mengeksplorasi peran orientasi strategis sebagai kemampuan dinamis wirausaha terhadap kinerja UKM pendukung pariwisata. 

"Riset ini berperan strategi kewirausahaan dalam memperkuat hubungan orientasi strategi (orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar) terhadap kinerja UKM," kata Endi.

Mitra-dan-Tim-Peneliti-2.jpg

Endi Sarwoko juga menyampaikan hasil riset ini nantinya akan menghasilkan rancangan model pembelajaran, rencana pembelajaran semester (RPS) minimal untuk satu semester, penyetaraan minimal 20 SKS, dan rekonstruksi mata kuliah, serta publikasi  pada jurnal internasional.

Tim riset dosen Unikama ini turut melibatkan Lilik Si Hariani dan Kristina Sedyastuti sebagai anggota serta melibatkan 5 orang anggota. Riset kewirausahaan ini dilakukan pada 287 UKM di wilayah Kota Batu, karena Kota Batu merupakan salah satu destinasi pariwisata di Jawa Timur.

Ketua Peneliti Unikama, Endi Sarwoko menyatakan pentingnya orientasi strategis para pelaku UKM pendukung wisata karena orientasi strategis menjadi kemampuan dinamis untuk mencapai kinerja UKM. 

Mitra-dan-Tim-Peneliti-3.jpg

"Inovasi, proaktif, dan  berani mengambil risiko mutlak harus dimiliki para pelaku UKM, selain itu kemampuan memahami pelanggan dan pesaing menjadi faktor penting untuk meningkatkan keberhasilan UKM," kata Endi, Kamis (24/11/2022). 

Endi menyampaikan ada temuan menarik dari penelitian ini adalah pentingnya strategi kewirausahaan yang terbukti memperkuat peran orientasi kewirausahaan pada peningkatan kinerja UKM pendukung wisata.

Penelitian memberikan kontribusi menghasilkan model integratif tentang faktor penentu kinerja UKM, khususnya integrasi orientasi strategis dengan strategi kewirausahaan, yang berguna untuk  pemberdayaan UKM pendukung pariwisata.

Selain itu penelitian ini menghasilkan rancangan kegiatan MBKM yang dapat diimplementasikan pada pendidikan tinggi, memberikan pengalaman belajar secara riil kepada mahasiswa, mempersiapkan mahasiswa agar siap menjadi wirausaha melalui startup bisnis melalui program MBKM.

Menurut Endi Sarwoko, luaran riset ini berguna bagi program studi untuk mengimplementasikan MBKM melalui kegiatan wirausaha, dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan. 

Dia mengatakan bagi perguruan tinggi hasil penelitian dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tri dharma, kualitas kerjasama dengan mitra (link and match) untuk percepatan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU).

Lebih lanjut, Endi Sarwoko menjelaskan bahwa rancangan model kegiatan wirausaha yang dihasilkan telah dibahas pada kegiatan Focus Group Discussion yang melibatkan Sri Palupi Prabandari sebagai pakar dari Universitas Brawijaya, para pelaku UKM, dan mitra.

Masukan-masukan dari kegiatan FGD digunakan untuk perbaikan rancangan pembelajaran, seperti tentang panduan aktivitas magang kewirausahaan, rumusan indikator penilaian pada saat mahasiswa magang wirausaha di UKM, jangka waktu magang, serta hal-hal teknis lainnya, sebagai dasar untuk melakukan konversi matakuliah setara dengan 20 sks.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang telah memberikan dana kegiatan Riset Inovasi Produktif, skema Riset Kewirausahaan ini, semoga hasil riset ini ikut memberikan kontribusi nyata untuk keberhasilan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka," kata Endi.

Endi juga mengatakan sejalan dengan kegiatan tersebut, Tim Riset mempresentasikan hasil riset pada kegiatan Seminar Hasil yang dilaksanakan pada tanggal 9 Nopember 2022. Hadir pada kegiatan tersebut founder Kelompok Pecinta Bisnis Indonesia bapak Juniardi sebagai mitra riset, pada akademisi, serta dari Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Batu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES