Ketahanan Informasi

IKA UPI Salurkan Bantuan Langsung ke Lokasi Korban Gempa Cianjur

Jumat, 25 November 2022 - 18:39 | 16.52k
IKA UPI Salurkan Bantuan Langsung ke Lokasi Korban Gempa Cianjur
Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (IKA UPI) menyalurkan bantuan kebutuhan pokok ke sejumlah titik lokasi korban gempa Cianjur, Jumat (25/11/22). (Foto: Ika Upi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (IKA UPI) menyalurkan bantuan kebutuhan pokok ke sejumlah titik lokasi korban gempa Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). Penyauran bantuan sudah dilakukan dalam dua hari, 24-25 November 2022. Bantuan tersebut merupakan hasil penggalangan kepedulian alumni UPI yang dihimpun melalui rekening Alumni UPI Peduli.

“Bantuan sesuai kebutuhan mendesak atas rekomendasi pengurus IKA UPI Komisariat Cianjur. Tercatat kami mengirimkan kebutuhan pokok, seperti mie instant, biskuit, susu UHT, air minum kemasan, dan lain-lain. Kami juga menyertakan obatan-obatan ringan dan kebutuhan domestik seperti sabun mandi, pasta gigi, pembalut, selimut, alas tidur dan lain-lain,” kata Sekretaris Jenderal IKA UPI, Najip Hendra kepada wartawan di Bandung.

“Sampai hari ini masih terus terjadi gempa susulan, meski dengan skala lebih kecil. Wajar bila kemudian warga memilih tinggal di tenda-tenda pengungsian. Di sinilah sebetulnya selimut dan alas tidur dibutuhkan. Laporan yang kami terima, sebagian warga mulai menderita sakit akibat terpapar langsung angin dan cuaca kurang bersahabat. Pada pengiriman berikutnya kami akan lebih memperhatikan kebutuhan selain bahan makanan ini,” ungkap Najip.

Ketua IKA UPI Komisariat Kabupatan Cianjur Himam Haris menjelaskan, hasil penggalangan alumni UPI disalurkan khusus untuk titik pengungsi yang selama ini belum mendapat bantuan. Setelah terlebih dahulu ditampung di Posko Alumni UPI Peduli di IKA UPI Komisariat Cianjur, bantuan didistribusikan menggunakan kencaraan kecil ke sejumlah posko tenda.

“Di RW 06 dan RW 07 Desa Limbamgan Sari, Kecamatan Cianjur, ada 12 posko pengsungi. Setiap posko rata-rata dihuni 70-120 jiwa. Dalam tenda tersebut ada bayi hingga lansia. Pada umumnya bantuan mengalir ke pusat gempa di Cugenang, sementara yang di kota terlewati. Nah, kami dari IKA UPI khusus menyisir daerah yang belum tersentuh bantuan ini. Kami sangat berterima kasih atas bantuan alumni UPI untuk saudara-saudara kami yang menjadi korban gempa di Cianjur,” papar Himam.

Sementara itu, Ketua Umum IKA UPI Enggartiasto Lukita mengungkapkan penggalangan bantuan merupakan salah satu bentuk kepedulian alumni UPI terhadap korban gempa di Kabupaten Cianjur.

“Rekening Alumni UPI Peduli terus dibuka. Mari kita berbagi kepedulian dengan sesama. Khusus untuk yang akan memberikan bantuan dalam bentuk barang atau natura, silakan dikirimkan ke Posko Alumni UPI Peduli Gempa Cianjur di Sekretariat Pengurus Pusat IKA UPI di Kampus Bumi Siliwangi UPI,” kata Enggar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES