Ketahanan Informasi

Optimalkan Akses Informasi Media, Kadis DPK Kaltim: Kami Butuh Dukungan Seluruh Media di Kaltim

Jumat, 25 November 2022 - 19:52 | 8.06k
Optimalkan Akses Informasi Media, Kadis DPK Kaltim: Kami Butuh Dukungan Seluruh Media di Kaltim
Kadis DPK Kaltim M Syafranuddin (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SAMARINDA – Perpustakaan secara tradisional berfungsi menyediakan berbagai informasi memenuhi kebutuhan informasi bagi penggunanya (Pemustaka). Sumber informasi yang disediakan dapat terekam dalam berbagai jenis media massa. 

Saat ini perpustakaan bukan hanya bertugas untuk menyediakan koleksi buku saja, melainkan telah berkembang untuk menyediakan berbagai informasi yang berasal dari media massa baik itu berbentuk fisik maupun elektronik. 

Namun, ternyata ada berbagai tantangan untuk memenuhi kebutuhan informasi tersebut. Hal ini juga yang menjadi kendala di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim dalam ketersediaan pemenuhan berbagai informasi tersebut.

Kondisi itu disampaikan Kepala Dinas (Kadis) DPK Kaltim Muhammad Syafranuddin, ia mengatakan walau pihaknya telah memiliki berbagai koleksi koran, majalah hingga tabloid namun pengadaannya masih menggunakan dana DPK Kaltim sendiri.

"DPK Kaltim selama ini selalu sendiri untuk arsip koran," ujarnya.

Lebih lanjut Ivan sapaan pria ini menuturkan, sebenarnya pihaknya bisa mendapat sumber informasi berupa koran itu dengan gratis, karena menurut ia memang ada aturan, yang mengatur terkait informasi itu. Tapi yang terjadi pihaknya selalu berlangganan tiap hari dan harus disiapkan anggarannya.

"Padahal ini sangat penting dan dicari sama pemustaka," ujarnya.

Menurut Ivan pihaknya saat ini telah berinisiatif mengirim surat kepada seluruh pemilik media di Kaltim untuk mendapat kemudahan akses pemanfaatan koran yang ada.

"Untuk mengoptimalkan penyediaan informasi bahan bacaan di Perpustakaan Daerah, Kami sudah bersurat kepada media yang ada di Kaltim," jelas Ivan. 

Kadis DPK Kaltim itu berharap mendapat kemudahan akses pemanfaatan koran, koran elektronik, koran digital hingga e-paper dari seluruh media yang ada di Kaltim.

"Harapan kami mendapat dukungan dari seluruh media yang ada di Kaltim," tutup Kadis DPK Kaltim, Ivan. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES