Ketahanan Informasi

Usai Ikuti SNP DPK Samarinda, Perpustakaan Sekolah Banyak yang Terakreditasi

Jumat, 25 November 2022 - 21:18 | 9.28k
Usai Ikuti SNP DPK Samarinda, Perpustakaan Sekolah Banyak yang Terakreditasi
Salah satu Perpustakaan Sekolah yang berada di SMAN 2 Samarinda Kaltim (Foto: SMAN 2 Samarinda)

TIMESINDONESIA, SAMARINDA – Keberadaan perpustakaan sekolah berperan penting sebagai penunjang kegiatan pendidikan dalam proses pembelajaran.

Sebagai jantung sekolah, perpustakaan sekolah terus dituntut selalu berkembang agar dapat memenuhi kebutuhan pemustaka dalam memperoleh informasi yang cukup sebagai penunjang.

Namun kondisi perpustakaan sekolah saat ini memiliki berbagai kendala, diantaranya masih minim status kelembagaan perpustakaan yang belum sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

Menjawab hal itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Samarinda menggelar sosialisasi SNP di Aula DPK Kota Samarinda, yang berada di Jalan Kesuma Bangsa pada, Selasa (01/11/2022) lalu.

Sosialisasi itu diperuntukkan kepada sekolah yang berada dibawah naungan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda. 

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 30 peserta, diantaranya terdiri dari 15 peserta perwakilan SD dan 15 peserta lainnya berasal dari SMP Kota Samarinda. Ketiga puluh peserta itu dihadiri Kepala Sekolah dan Kepala Perpustakaan.

Dalam kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Samarinda, Erham Yusuf dan di hadiri perwakilan DPK Kaltim sebagai narasumber.

Dalam hal ini Erham Yusuf menyampaikan, kegiatan sosialisasi SNP ini bertujuan untuk mempersiapkan perpustakaan sekolah yang ada di Samarinda mendapat akreditasi SNP.

"Kegiatan ini dilaksanakan agar kepala sekolah dan kepala perpustakaan memahami aturan perundang-undangan serta bagaimana sistem akreditasi," ungkapnya.

Erham berharap usai digelarnya sosialisasi SNP, pihak sekolah lebih memperhatikan pengelolaan perpustakaan agar lebih ditingkatkan lagi. Sehingga perpustakaan sekolah di Samarinda makin banyak yang terakreditasi SNP. "Kedepan perpustakaan di Samarinda makin banyak yang terakreditasi SNP," tutup Kadis DPK Kota Samarinda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES