Indonesia Positif

Cegah Kebakaran, Sidokkes Polres Banjar Lakukan Simulasi

Rabu, 07 Desember 2022 - 10:54 | 28.30k
Simulasi kebakaran digelar Sidokkes Polres Banjar. (Foto: Humas Polres Banjar)
Simulasi kebakaran digelar Sidokkes Polres Banjar. (Foto: Humas Polres Banjar)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Sosialisasi dan Simulasi Kebakaran digelar Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Sidokkes) Polres Banjar di Klinik Polres Banjar, Rabu (7/12/2022). 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh anggota Sidokkes Polres Banjar bekerjasama dengan UPTD Damkar Kota Banjar dengan tujuan untuk menambah wawasan dan tahu bagaimana cara tindakan pertama dalam menangani kebakaran. 

Dalam simulasi ini, Kepala UPTD Damkar Kota Banjar, Aam Amijaya menyampaikan materi yang isinya meliputi pengenalan dan simulasi cara memadamkan api secara tradisional menggunakan kain basah dan secara modern menggunakan APAR.

Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, S.H, S.I.K, M.M. melalui Ps Kasidokkes Polres Banjar Bripka Gaga Topan Syahroni, S.H, mengatakan kebakaran adalah salah satu jenis keadaan darurat yang berpotensi menjadi bencana yang bisa terjadi dimana saja dan kapan saja.

"Jadi kegiatan simulasi ini dilaksanakan sebagai upaya pencegahan saat dalam keadaan darurat jika terjadi bencana kebakaran," jelasnya.

Selain itu, kegiatan ini sebagai edukasi terhadap personel Polres Banjar tentang potensi bahaya di lingkungan Polres Banjar jika terjadi kebakaran.

Kebakaran menjadi sebuah bencana yang perlu diwaspadai khususnya untuk lingkungan perkantoran di mana banyak aset maupun dokumen yang perlu dijaga. 

Selain edukasi, pencegahan lainnya yang perlu dilakukan yakni dengan mempersiapkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) guna penanganan dini jika terjadi Kebakaran.

Dengan kelengkapan APAR, selain dapat mencegah membesarnya titik api juga dapat mengulur waktu kebakaran semakin membesar sehingga dapat meminimalisir dampak sampai tim pemadam kebakaran tiba. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES