Ketahanan Informasi

PLATO Bekali Kader Digital Marketing untuk Promosi Kesehatan dan Berbagi Praktik Baik dalam Penjangkauan Pesan Kunci RCCE

Senin, 19 Desember 2022 - 12:33 | 23.10k
Kegiatan Pengembangan Kapasitas Digital Marketing dan Berbagi Praktik Baik dalam Penjangkauan Pesan Kunci RCCE Kabupaten Sidoarjo. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kegiatan Pengembangan Kapasitas Digital Marketing dan Berbagi Praktik Baik dalam Penjangkauan Pesan Kunci RCCE Kabupaten Sidoarjo. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Selasa, 13 Desember 2022 bertempat di Edotel Sidoarjo, PLATO bersama UNICEF dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo  menyelenggarakan Kegiatan Pengembangan Kapasitas Digital Marketing dan Berbagi Praktik Baik dalam Penjangkauan Pesan Kunci RCCE. Kegiatan yang dihadiri oleh 26 Kader dan 12 Tenaga Promosi Kesehatan dari wilayah jangkauan RCCE ini bertujuan untuk meningkatkan skill kader dalam mengembangkan media KIE kreatif lewat video untuk menggaungkan pesan RCCE ,yaitu imunisasi dan PHBS sebagai upaya pencegahan stunting. Serta sebagai ajang untuk berbagi praktik baik antar kader  dalam menjangkau masyarakat di lapangan.

Kegiatan diawali dengan sambutan dan arahan oleh Direktur Yayasan PLATO, Dita Amalia. "Kader  memiliki peran yang sangat  strategis untuk mempromosikan pesan kesehatan dan membangun perilaku sehat di masyarakat baik secara langsung maupun melalui media sosial.  Untuk itu agar siap menjadi kader millenial, perlu dibekali digital marketing  untuk menggaungkan  pesan RCCE secara masif melalui platform media digital" tegasnya.

Advertisement

Hadir sebagai narasumber, Moch. Sofi Asrifin dari  TIK Sidoarjo  menyampaikan berbagai tahapan dalam teknik digital marketing untuk penjangkauan pesan kunci RCCE lewat media sosial. Serta tips dan trik agar promosi kesehatan yang disampaikan oleh kader mampu mencapai jangkauan massa  yang luas. Sesi praktik  langsung melalui kerja kelompok dengan didampingi tim promosi kesehatan membuat video TikTok dan Instagram dengan pesan kunci imunisasi, PHBS dan pencegahan misinformasi terkait kesehatan. Diakhir sesi, semua peserta menayangkan hasil karya videonya  dan diulas bersama narasumber. "Terbukti dari sesi ini, kader mampu mengemas pesan kunci RCCE dengan menggunakan platform media sosial dengan menarik dan kreatif”paparnya. 

Kunci-RCCE.jpg

Sesi berbagi praktik baik yang dipandu oleh  Dita Amalia dibangun dengan metode dialogis. Peserta diajak saling  berbagi cerita perubahan yang dialami selama terlibat dalam program RCCE terutama dalam menerapkan teknik KAP ketika menjangkau masyarakat di lapangan. Seluruh peserta dari kader yang tidak mendapat kesempatan bercerita  diminta untuk menuliskannya di secarik kertas. 

Sesi dilanjutkan dengan pemaparan penggunaan WhatsApp IPC Dashboard serta sosialisasi indikator kader terhebat oleh Koordinator Provinsi RCCE, Yuniar Putri S. 

Di penghujung acara, telah hadir  Dr. Fenny Apridawati,S.KM.,M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, memberikan arahan dan motivasi kepada para kader untuk terus semangat bergerak mendukung Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. "Peran kader sebagai penggerak di masyarakat begitu penting,  kader di era digital harus mampu menggaungkan pesan secara luas dan masif lewat media sosial, serta ilmu yang diperoleh kader dari pelatihan ini  harus diamalkan", tegasnya.   Sebagai penutup kegiatan, diumumkan pemenang kompetisi video kreatif kader RCCE, pemenang kelompok kelas memasak, dan pemenang jurnalis terbaik juga teraktif yang memperoleh apresiasi berupa trophy, sertifikat, dan uang tunai yang diserahkan langsung oleh  Kepala Dinas Kesehatan . “Selamat untuk para pemenang, harapannya kedepan para kader- kader RCCE makin kreatif dan gencar melakukan promosi kesehatan di masyarakat, dan 2023  PLATO terus berkolaborasi untuk memperkuat  Kader Kesehatan Kab. Sidoarjo,”tutup Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sidoarjo. Aksi kader yang kreatif dan masif dalam menyebarkan pesan kesehatan, mampu mempercepat terwujudnya masyarakat Sidoarjo sehat.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES