Ketahanan Informasi

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail dan Nomor HP Tidak Aktif

Sabtu, 27 Mei 2023 - 17:55 | 9.52m
Foto Ilustrasi: feritekno.com
Foto Ilustrasi: feritekno.com

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat ini, email atau surat elektronik sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan. Banyak jenis penyedia jasa email termasuk Gmail dari Google. Selain itu, penggunaan email juga menjadi salah satu syarat utama untuk mengunjungi situs atau menggunakan media sosial.

Namun, bagaimana jika lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif?

Faktor Kendala Lupa Password Gmail dan Nomor HP Sudah Tidak Aktif 

Banyak cara untuk melakukan pemulihan akun Gmail no HP hilang. Dengan mengakses informasi melalui internet, Anda sudah dapat menemukan caranya. Tetap saja, ketahuilah bahwa penyebab lupa password Gmail dan nomor HP yang hilang juga bukan masalah sepele.

Menurut feritekno.com berikut adalah beberapa penyebab masalah lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak bisa aktif atau hilang, di antaranya:

1. Memiliki Banyak Akun 

Dalam upaya untuk menjaga keamanan akun, orang-orang cenderung menggunakan password yang unik dan kompleks untuk setiap akun. Akibatnya, terkadang sulit untuk mengingat semua password yang berbeda.

2. Lama Tidak Menggunakan Akun 

Dalam beberapa kasus, lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif adalah kurangnya frekuensi penggunaan akun tersebut. Jika Anda jarang menggunakan akun tertentu dalam jangka waktu yang lama, masalah lupa passwordnya bisa saja terjadi.

3. Mengandalkan Otomatisasi Login 

Peramban web atau aplikasi tertentu saat ini telah menyediakan fitur otomatisasi login. Hal ini memudahkan pengguna untuk masuk ke dalam akun atau situs web tertentu secara otomatis. Hal ini juga dapat membuat memicu lupa dengan password yang sebenarnya.

4 Opsi Pemulihan Password Gmail yang Lupa 

Selain penyebab masalah dari lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif, Google sebagai penyedia jasa layanan email juga menawarkan beberapa opsi untuk pemulihan.

Di bawah ini adalah lima opsi pemulihan password Gmail yang lupa password, antara lain:

1. Alamat Email Pemulihan 

Walaupun saat ini banyak tersedia aplikasi lupa kata sandi Gmail, Anda tetap bisa menggunakan opsi pemulihan alamat email. Jika Anda telah menambahkan alamat email pemulihan ke akun Gmail sebelumnya, Anda dapat memilih opsi ini.

Caranya, Google akan mengirimkan tautan pemulihan ke alamat email tersebut. Buka email terkait dan ikuti tautan untuk mengatur ulang password akun Gmail Anda.

2. Nomor Telepon 

Untuk mendapatkan akun Gmail, Anda biasanya diminta untuk memasukkan nomor telepon. Gunakan opsi membuka password Gmail dengan nomor telepon apabila nomor masih aktif dan bisa Anda akses. Google akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS ke nomor telepon yang terdaftar. Masukkan kode tersebut untuk mengatur ulang password.

3. Pertanyaan Keamanan 

Jika Anda tidak bisa menggunakan opsi lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif, pilihlah opsi pertanyaan keamanan. Google akan menampilkan beberapa pertanyaan keamanan untuk memverifikasi identitas Anda. Jawab pertanyaan tersebut dengan akurat untuk mengatur ulang password yang lupa.

4. Pemindaian Sidik Jari atau Pindai Wajah 

Cara lain untuk memulihkan password yang lupa adalah menggunakan sidik jari atau pindah wajah dengan alat yang Anda gunakan. Namun, Anda harus mengaktifkan cara ini saat mendaftarkan akun Gmail. Dengan begitu fitur tersebut bisa Anda gunakan untuk membuka kunci akun Gmail Anda.

6 Cara Memulihkan Lupa Password Gmail dan Nomor HP Sudah Tidak Aktif 

Walaupun sudah tersedia banyak opsi pemulihan akun, tak jarang orang yang memiliki kendala lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif mengalami kepanikan. Hal ini disebabkan karena banyak data atau hal penting pada akun Gmail tersebut namun tidak memiliki cara untuk mengaksesnya.

Nah, Anda bisa menggunakan langkah-langkah berikut untuk memulihkan akun Gmail dengan nomor HP yang sudah tidak aktif.

1. Masuk Halaman Gmail 

Langkah pertama, masuklah ke laman browser web dan pergi ke halaman masuk Gmail.com. Kemudian, ikuti langkah selanjutnya dengan mencari opsi "Lupa password" yang biasanya terletak di bawah kolom password.

2. Verifikasi Identitas 

Google akan meminta Anda untuk memasukkan alamat email Gmail yang lupa password. Pastikan Anda tidak lupa email yang akan dipulihkan sebelum menggunakan cara ini. Kemudian, masukkan alamat email yang tepat dan klik "Lanjut".

3. Opsi Pemulihan 

Selanjutnya, Google akan menampilkan beberapa opsi pemulihan yang tersedia. Jika Anda mengalami lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif, gunakan opsi lainnya yang ditawarkan Google. Anda bisa menggunakan cara pemulihan melalui alamat email pemulihan atau pertanyaan keamanan.

4. Verifikasi Melalui Alamat Email Pemulihan 

Saat mendaftar akun Gmail, Google akan menanyakan alamat email lainnya sebagai cadangan untuk pemulihan akun. Jika Anda memiliki alamat email pemulihan yang terdaftar, Google akan mengirimkan tautan pemulihan ke alamat email tersebut. Anda hanya perlu membuka email dan ikuti petunjuk untuk mengatur ulang password.

5. Verifikasi Melalui Pertanyaan Keamanan 

Penting bagi Anda untuk mengisi seluruh ketentuan saat daftar akun Gmail. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan opsi pengatur pertanyaan keamanan untuk memulihkan Gmail. Biasanya, Google akan menampilkan beberapa pertanyaan untuk memverifikasi identitas Anda dan masalah lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif dapat teratasi.

6. Menghubungi Dukungan Google 

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan selain cara membobol email yang lupa kata sandi adalah menghubungi dukungan Google. Buka halaman tersebut dan ikuti petunjuk untuk menghubungi tim dukungan. Berikan informasi yang akurat tentang akun dan Google akan memeriksa kepemilikan akun sebelum membantu Anda mengembalikan akses.

Tips Menghindari Lupa Password Gmail 

Gunakan tips menghindari untuk menghindari lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif. Hal ini juga bisa membantu Anda untuk menjaga keamanan dan aksesibilitas akun.
Nah, berikut adalah beberapa tips untuk menghindari lupa password Gmail:

1. Gunakan Password yang Kuat 

Saat membuat akun Gmail, buatlah password yang kuat dan unik. Biasanya, Google akan merekomendasikan password. Anda juga bisa membuat password sendiri dengan kombinasi huruf besar dan kecil, simbol, dan angka. Selain itu, hindari menggunakan informasi pribadi yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nama lengkap.

2. Gunakan Autentikasi Dua Faktor (2FA) 

Anda juga bisa mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor di akun Gmail. Cara ini juga akan menambah lapisan keamanan tambahan dengan meminta kode verifikasi melalui SMS, aplikasi autentikasi, atau perangkat keamanan fisik setelah memasukkan password.

3. Perbarui Password Secara Berkala 

Cobalah untuk rutin mengganti password akun Gmail Anda setidaknya beberapa bulan sekali. Hal ini juga merupakan kebiasaan baik untuk mencegah akses yang tidak sah ke akun Anda.

Walaupun Anda mengalami lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif, masih banyak cara untuk mendapatkan kembali akun tersebut. Namun, Anda dapat menggunakan tips mencegah lupa password atau pilihan opsi pemulihan akun Gmail dari Google.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Haris Supriyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES