
TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara kita berproduksi, berdagang, dan mengonsumsi. Diera modern dengan teknologi yang canggih membuat semakin banyak orang yang menghabiskan waktu didunia digital.
Bahkan sudah bukan sebuah rahasia bahwa dengan melalui dunia digital seseorang bisa menghasilkan cuan. Hal ini tentu saja menjadi perhitungan bagi pebisnis untuk merintis atau mengembangkan bisnis mereka didunia modern yang serba digital ini.
Advertisement
Proses digitalisasi ekonomi di Indonesia sendiri sudah terus berjalan dengan pesat serta penggunaan teknologi digital yang semakin meluas dalam berbagai sektor dapat mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan menciptakan peluang bisnis baru.
Di Indonesia, Ekonomi digital telah menjadi salah satu sektor yang paling dinamis dan berkembang pesat. Di era digital ini, berbagai aspek kehidupan masyarakat semakin terhubung dengan internet, membuka peluang baru bagi berbagai bisnis dan industri.
Melihat dari populasi penduduk Indonesia yang mencapai 270 juta jiwa, menjadikan Indonesia menduduki posisi keempat terbesar populasi didunia. Belum lagi Penetrasi internet di Indonesia yang terus meningkat, dengan lebih dari 200 juta pengguna internet saat ini, serta Kelas menengah di Indonesia yang terus berkembang, dengan daya beli yang semakin tinggi menjadikan Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pemain utama dalam ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara.
Belum lagi keberadaan generasi Z yang membuat dunia digital menjadi semakin berwarna dengan tren-tren yang mereka ciptakan serta konten-konten yang mampu mengubah pola fikir publik dengan hanya membuat video yang berisi berbagai jenis caption.
Oleh karena itu menjadi seorang konten creator merupakan salah satu senjata yang ampuh untuk menghasilkan uang yang cukup besar diera digital ini.
Dalam dunia digital tidak ada seorang pun yang tidak tahu bahwasannya Konten creator merupakan seseorang yang membuat berbagai macam konten video, baik itu konten lucu, menginspirasi, memotivasi, bahkan ada juga yang mengangkat suatu topik yang kontroversi.
Bahkan akhir-akhir ini pekerjaan jadi content creator sedang naik daun, banyak creator yang bermunculan dari berbagai lapisan masyarakat dengan konten yang macam-macam. Mulai dari konten memasak, vlog, edukasi, dan lainnya. Banyak generasi muda terutama gen z yang bercita-cita untuk menjadi content creator, karena dirasa pekerjaan yang menyenangkan dengan uang yang banyak.
Namun juga dibutuhkan kekreatifan dalam pembuatan video. Kualitas konten juga merupakan faktor yang krusial bagi para content creator, karena dari sini akan dinilai bagus atau tidaknya. Selain itu jika mereka bisa mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas konten maka bisa mempengaruhi harga.
Hampir semua platform social media akan mendukung para creatornya yang membuat konten original dan baru. Karena sudah terlalu banyak konten yang meniru satu sama lain, jadi harus membuat sesuatu yang baru agar lebih kreatif. Selain original dan baru, konten yang diproduksi harus memiliki manfaat untuk yang menikmatinya.
Jika membahas gaji content creator sebenarnya cukup bervariatif, hal ini karena banyak variabel yang mempengaruhi gaji tersebut seperti jenis, tujuan, platform, matriks social media, domisili dan sebagainya. Selain itu biasanya content creator tidak menyebutnya sebagai gaji, karena setiap bulan nya bisa berbeda nominalnya dan dari sumber yang berbeda.
Biasanya penghasilan mereka tergantung dari banyaknya follower yang mereka miliki diakun platform social media milik mereka dan banyaknya like yang mereka dapatkan dari per-video yang mereka unggah.
karena semakin kreatif konten yang dibuat, maka akan semakin banyak menarik perhatian warganet serta memungkinkan akan semakin banyak juga penghasilan yang didapatkan.
Selain mendapatkan penghasilan dari video yang diunggah diakun platform social media, biasanya konten creator juga mendapatkan penghasilan dari produk sebuah Perusahaan yang mereka iklankan diakun platform social media milik mereka.
Namun persaingan yang ketat menjadi faktor penting dalam gaji content creator. Bagi para creator yang memiliki banyak followers dan citra publik yang baik, akan menjadi incaran bagi banyak perusahaan untuk bekerja sama. Jadi dengan kata lain harga content creator akan sangat berpengaruh antara satu dan lainnya.
Menjadi konten creator yang konsisten adalah kunci untuk bisa jadi content creator yang sukses, karena dengan konsisten bisa mempertahankan fanbase dan berpotensi mengambil audience baru. Selain itu juga akan terlihat lebih kredibel.
***
*) Oleh : Anis Nurlatifah, Mahasiswa Universitas KH. Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi
Tadris Bahasa inggris.
*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id
*) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]
*) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim.
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Hainorrahman |
Publisher | : Rizal Dani |