Resensi

Menyambut Ramadan 2023, Kamu Perlu Tahu Manfaat Puasa bagi Kesehatan Fisik dan Psikologi

Rabu, 22 Februari 2023 - 06:57 | 184.08k
Ramadan 2023 (FOTO: Dena/TIMES Indonesia)
Ramadan 2023 (FOTO: Dena/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebulan lagi, Ramadan 2023 akan tiba. Bulan di mana umat muslim berpuasa. Secara syariat Islam, puasa berarti menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan, sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari, disertai dengan niat menjalankan ibadah puasa.

Perlu diketahui, ternyata puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari manfaat untuk penurunan berat badan hingga fungsi otak yang lebih baik.

Berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yang perlu diketahui, menjelang Ramadan 2023, di antaranya:

1.      Mengontrol Gula Darah

Puasa dapat membantu mengurangi resistensi terhadap insulin serta kadar gula darah berlebih. Hal ini dapat terjadi karena insulin membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dengan cara membawa gula menuju sel tubuh dan menjadikannya sebagai sumber energi.

2.      Meningkatkan Kesehatan Jantung

Puasa juga baik untuk kesehatan jantung. Mengubah pola makan (puasa) dan gaya hidup merupakan cara untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

3.      Mengurangi Peradangan

Saat sistem imun tengah melawan infeksi, peradangan pada tubuh merupakan hal yang wajar. Tetapi, selain tidak terasa nyaman, peradangan yang terus berlanjut justru akan berujung pada penyakit lain. Untungnya puasa juga dapat mengurangi radang pada tubuh.

4.      Membantu Menurunkan Berat Badan

Puasa mempunyai manfaat yakni dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin yang dapat meningkatkan penurunan berat badan.

5.      Meningkatkan Fungsi Otak

Tidak hanya menjaga kesehatan jantung, puasa juga dipercaya mempunyai manfaat yang mampu meningkatkan fungsi otak.

6.      Mencegah Kanker

Dengan berpuasa dapat membantu sel tubuh membersihkan diri melalui proses yang disebut autofagi.

7.      Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

Puasa tidak hanya dapat menurunkan berat badan, tetapi mempunyai manfaat yang mampu meningkatkan hormon pertumbuhan. Salah satunya yakni meningkatkan hormon pertumbuhan kekuatan otot.

Ditinjau dari segi kelebihannya, puasa memiliki banyak manfaat baik dari segi kesehatan fisik maupun psikologis. Ditinjau dari sisi kesehatan fisik, puasa memiliki beberapa manfaat di antaranya membakar lemak dalam tubuh, meningkatkan hormon pertumbuhan manusia, meningkatkan fungsi otak, mengurangi tekanan darah, mengatur trigliserida, mengatasi resistensi insulin, mengurangi risiko penuaan, dan penyakit berbahaya.

Puasa juga memiliki manfaat pada sisi psikologis. Puasa dapat mengubah pikiran menjadi tenang, damai, dan bahagia, mengurangi rasa takut dan agresif, puasa dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Manfaat puasa dari sisi psikologis, juga dapat menumbuhkan rasa empati dan simpati, mematangkan kecerdasan emosional, memberikan mood positif bagi yang menjalankannya. Manfaat puasa bagi kesehatan ini, perlu Anda ketahui menjelang Ramadan 2023. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES