Resensi

Menyibak Rahasia Waktu Terbaik Kurban, Menjemput Pahala Sunnah di Idul Adha

Minggu, 16 Juni 2024 - 08:04 | 13.96k
Sapi yang disiapkan untuk sembelihan kurban Idul Adha. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Sapi yang disiapkan untuk sembelihan kurban Idul Adha. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAIdul Adha kian dekat. Bagi umat Islam, momen istimewa ini tak hanya tentang menyantap daging kurban, tapi juga tentang menunaikan ibadah dengan penuh makna. Salah satu aspek penting dalam kurban adalah waktu penyembelihan hewan kurban.

Banyak pertanyaan muncul terkait waktu terbaik untuk menyembelih hewan kurban. Nah, artikel ini akan mengupas tuntas waktu terbaik kurban berdasarkan dalil dan pendapat ulama ternama.

Waktu Utama Kurban: Hari Pertama Setelah Sholat Ied
Menurut Syaikh Wahbah Az-Zuhaily, dalam kitab Fiqhul Islami wa Adillatuhu, waktu utama kurban adalah hari pertama setelah sholat Ied sebelum tergelincir matahari.

Sedangkan menyegerakan penyembelihan kurban pada 10 Dzulhijjah lebih utama ketimbang menundanya.

Dalil Pendukung Waktu Utama Kurban
Dalil yang memperkuat pendapat di atas adalah hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim:
 إِنَّ أَوَّلَ مَا نَبْدَأُ بِهِ فِي يَوْمِنَا هَذَا أَنْ نُصَلِّيَ ثُمَّ نَرْجِعَ فَتَنْحَرَ، مَنْ فَعَلَهُ فَقَدْ أَصَابَ سُنَّتَنَا وَمَنْ ذَبَحَ قَبْلُ فَإِنَّمَا هُوَ لَحْمٌ قَدَّمَهُ لِأَهْلِهِ لَيْ مِنْ النُّسُكِ فِي شَيْءٍ.

Artinya: "Sesungguhnya yang pertama kali kita lakukan pada hari ini (Idul Adha) adalah mengerjakan sholat kemudian pulang dan menyembelih hewan kurban. Barang siapa melakukan hal itu, maka dia telah bertindak sesuai dengan sunnah kita, dan barang siapa menyembelih hewan kurban sebelum (sholat Ied), maka sembelihannya itu hanyalah daging yang ia berikan untuk keluarganya, tidak ada hubungannya dengan ibadah kurban sedikit pun." (HR Bukhari no 5545 dan Muslim no 1961)

Penjelasan hadits di atas menunjukkan bahwa Rasulullah SAW menjadikan penyembelihan hewan kurban sebagai aktivitas pertama setelah sholat Ied. Hal ini menunjukkan bahwa waktu tersebut merupakan waktu terbaik untuk menyembelih hewan kurban.

Berdasarkan dalil dan pendapat ulama di atas, waktu terbaik kurban adalah hari pertama setelah sholat Ied sebelum tergelincir matahari. Melaksanakan kurban di waktu tersebut merupakan tindakan yang sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

Namun, perlu diingat bahwa menyembelih hewan kurban di hari-hari tasyrik (11, 12, 13 Dzulhijjah) juga tetap sah. Hal ini menunjukkan keluasan Islam dalam memberikan kesempatan bagi umat Muslim untuk menunaikan ibadah kurban.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca yang ingin memahami waktu terbaik kurban dan melaksanakan ibadah kurban dengan penuh pahala. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES