Resensi

Kurban Sebelum Shalat Idul Adha? Rasulullah: Bukan Kurban, Melainkan Kambing Biasa

Minggu, 16 Juni 2024 - 08:17 | 15.72k
Kambing untuk kurban Idul Adha. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Kambing untuk kurban Idul Adha. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pernahkah Anda berniat menyembelih hewan kurban sebelum Shalat Idul Adha dilaksanakan? Hati-hati, niat tersebut keliru dan hewan kurban yang disembelih sebelum sholat tidak sah. Hal ini ditegaskan Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari.

يَا رَسُولَ اللَّهِ ، فَإِنِّى نَسَكْتُ شَاتِى قَبْلَ الصَّلاَةِ ، وَعَرَفْتُ أَنَّ الْيَوْمَ يَوْمُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ ، وَأَحْبَبْتُ أَنْ تَكُونَ شَاتِى أَوَّلَ مَا يُذْبَحُ فِى بَيْتِى ، فَذَبَحْتُ شَاتِى وَتَغَدَّيْتُ قَبْلَ أَنْ آتِىَ الصَّلاَةَ

Hadits tersebut menceritakan kisah seorang pria bernama Abu Burdah yang menyembelih kambing kurbannya sebelum Sholat Idul Adha dengan alasan ingin menikmati dagingnya saat sarapan sebelum berangkat sholat. Ketika mengetahui hal tersebut, Rasulullah SAW pun menegurnya dengan tegas.

Rasulullah SAW bersabda:

 "شَاتُكَ شَاةُ لَحْمٍ" (HR. Bukhari). 

Artinya: "Kambingmu hanyalah kambing biasa (yang dimakan dagingnya, bukan kambing kurban)."

Penjelasan Hadits:

Hadits tersebut dengan jelas menunjukkan bahwa hewan kurban yang disembelih sebelum Sholat Idul Adha tidak sah dan hukumnya sama seperti menyembelih hewan ternak biasa. Hal ini dikarenakan waktu penyembelihan hewan kurban memiliki ketentuan yang spesifik, yaitu setelah Sholat Idul Adha hingga akhir hari tasyrik (tanggal 13, 14, dan 15 Zulhijjah).

Alasan Larangan Menyembelih Kurban Sebelum Sholat Idul Adha:

 * Melanggar ketentuan waktu: Sholat Idul Adha merupakan penanda dimulainya waktu penyembelihan hewan kurban. Menyembelih kurban sebelum sholat berarti melanggar ketentuan waktu yang telah ditetapkan.

 * Menghilangkan makna kurban: Kurban adalah ibadah yang memiliki makna mendalam, yaitu meneladani ketaatan Nabi Ibrahim AS dalam mengorbankan putranya. Menyembelih kurban sebelum sholat dapat menghilangkan makna dan esensi ibadah kurban tersebut.

 * Membuat kebingungan: Jika setiap orang bebas menyembelih kurban kapanpun mereka mau, hal ini dapat menimbulkan kebingungan dan kekacauan dalam pelaksanaan ibadah kurban.

Bagi umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah kurban, penting untuk memperhatikan ketentuan waktu penyembelihan hewan kurban, yaitu setelah Sholat Idul Adha hingga akhir hari tasyrik. 

Menyembelih kurban sebelum sholat tidak sah dan hukumnya sama seperti menyembelih hewan ternak biasa. 

Mari kita jadikan momen Idul Adha ini sebagai ajang untuk meningkatkan ketaatan dan ketakwaan kepada Allah SWT dengan melaksanakan ibadah kurban sesuai dengan syariat Islam yang telah ditetapkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES