Kopi TIMES Universitas Islam Malang

7 Alasan Kenapa Kuliah di Unisma Malang

Rabu, 08 April 2020 - 07:00 | 509.23k
Muhammad Yunus. Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNISMA. Menjabat sebagai Kapala Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni, dan Keagamaan.
Muhammad Yunus. Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNISMA. Menjabat sebagai Kapala Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni, dan Keagamaan.
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Kuliah atau melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi setelah lulus dari jenjang sekolah menengah atas (SMA/MA/SMK) adalah dambaan setiap kamu terpelajar dan juga doa semua orang tua. Alasannya jelas, pertama adalah tuntutan zaman di era kompetisi saat ini yang menuntut seseorang memili kompetensi pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk abad 21, dan kedua adalah alasan agama yakni kewajibah setiap muslim untuk mencari ilmu. Kuliah juga bukan sekedar mencari ilmu dan menterengnya gedung yang ada, bukan sekedar fasilitas yang lengkap, namun kuliah yang mampu menjadikan diri lulusannya menjadi manusia yang pinter dari segi pengetahuan, mumpuni dalam segi keterampilan, dan yang terpenting adalah jernih dan bersih dari sisi kerohanian (hatinya). Kesempatan ini penulis coba ulas tujuh (7) alasan kenapa kuliah di Universitas Islam Malang.

Pertama, kampus UNISMA Malang yang didirikan oleh ulama dan intelektual muslim di Kota Malang ini adalah kampus unggul tingkat nasional. Kampus unggul adalah kampus yang Kampus unggul adalah kampus yang berkomitmen dalam tiga hal; penerapan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) yang baik, komitmen dalam peningkatan akreditasi institusi dan program studi, dan menerapkan manajemen resiko (Zainal Hartoyo, 2019 dimuat di kompasiana.com). SPMI merupakan ikhtiar lembaga pendidikan dalam melakukan mekanisme kontrol terhadap kegiatan-kegiatan kampus sesuai dengan visi-misi kampus. Kegiatan kampus meliput tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat. Tiga pokok tugas utama kampus ini jika mutunya terjamin maka kualitas manajemen yang ada didalamnya adalah sehat, dan ini adalah jaminan terhadap kualitas lulusan yang akan dihasilkan. UNISMA Malang saat ini berada dalam 100 besar kampus unggul nasional dari ribuan pertinggi baik negeri atau swasta seluruh Indonesia. Tentu hal ini adalah capaian luar biasa.  Dampak dari SPMI yang baik adalah seluruh prodi yang ada di UNISMA sudah terakreditasi sehingga hal ini menjamin setiap lulusan aman dalam berkiprah di tengah-tengah masyarakat, artinya UNISMA Malang telah menerapkan manajemen resiko dengan baik.

Pendaftaran-Unisma.jpg

Kedua, kampus UNISMA Malang ini menerapkan pembelajaran asyik dan nyaman. Makna dari asyik dan nyaman adalah suasana pembelajaran yang senantiasa menyenangkan (joyful) dengan fasilitas ruang kelas dan laboratorium yang sangat memadai. Didukung dengan udara dingin khas Kota Malang dan tumbuhan yang rindang membuat mahasiswa kerasan berlama-lama berada di kampus. Fasilitas wifi sebagai kebutuhan dasar mahasiswa saat ini sangat memadai. Selain itu pembelajaran yang dilaksanakan secara daring baik daring yang synchronous maupun asynchronous menambah keasikan dan kenyamanan pembelajaran yang dilaksanakan di kampus UNISMA Malanng. Jauh dari itu adalah setiap pembelajaran di kelas selalu diawali dan diakhiri dengan doa perkuliahan dan shawalat Nuril Anwar. Keberkahan senantiasa menyelimuti setiap pembelajaran yang dilaksanakan.

Ketiga, Dosennya kompeten. Makna dari kompeten adalah mumpuni dari sisi materi pembelajaran dan cara mengajarnya, kehidupan sosial, dan pribadinya InsyaAllah adalah dosen-dosen yang taat menjalankan agamanya dan professional dibidangnya. Setiap dosen yang bergabung di UNISMA Malang harus memiliki standar orang NU. Doktrin yang ditanamkan kepada dosen UNISMA Malang seperti halnya yang termaktub dalam QS At-Taubah ayat 105 yang artinya Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan. Dosen UNISMA Malang mengajar tidak hanya semata-mata mengejar gaji semata tetapi jauh dari itu adalah mengharap ridha Allah SWT.

Keempat, Mahasiswanya berasal dari 15 Negara. UNISMA Malang tahun ini sedang mempersiapkan diri menjadi kampus kelas dunia (World Class University). Beberapa langkah strategis telah diambilnya. Kerjasama dengan pemerintah mulai dari kementerian, pemerintah propinsi, pemerintah kabupaten dan kota di Indonesia. Hasilnya adalah mahasiswa UNISMA Malang berasal dari 34 propinsi yang ada di Indonesia dan dari 15 negara asing. Bagi mahasiswa yang tentu kehidupannya tidak sekedar di ruang kelas, tetapi pengalaman di luar kelas bersama-sama dengan mahasiswa asing adalah pengalaman luar biasa dalam memahami budaya, bahasa, dan pasti karakter. Jumlah mahasiswa dan beragam aktivitas kemahasiswaan yang ada telah mengantarkan UNISMA Malang berada di urutan ke-66 seluruh Indonesia baik negeri dan swasta.  

Pendaftaran-MB-Unisma.jpg

Kelima, Lulusan UNISMA Malang memiliki kompetensi plus. Mahasiswa UNISMA Malang ini di desain memiliki tiga karakter utama, karakter ilmiah, karakter ke Indonesiaan, dan karakter Islami. Tiga karakter utama ini mampu mengantarkan mahasiswanya memiliki empat kompetensi utama; kompeten dalam bidang keilmuannya, kompeten dalam bidang soft skill, kompeten dalam bidang leadership, dan kompeten dalam bidang keislaman. Manusia dengan tiga karakter dan empat kompetensi inilah ciri dari manusia ulul albab sebagaimana firman Allah dalam QS Al Imron ayat 191 yang artinya “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi.” Sehingga lulusan UNISMA Malang memiliki kompetensi plus, yakni kompetensi bidang keilmuannya ditambah dengan soft skill. Keislaman, dan kepemimpinan (leadership).

Keenam, UNISMA Malang adalah kampus entrepreneur. Kampus entrepreneur adalah kampus yang mengedepankan bukan hanya penyampaian ilmu-ilmu secara teoritis saja tetapi praktik dan implementasi dari keilmuan itu sendiri. UNISMA Malang ini setiap semester sekali mengadakan expo entrepreneur. Pada expo itu ditampilkan hasil kreasi mahasiswa kepada mahasiswa lainnya dan tidak sedikit masyarakat umum ikut hadir.

Ketujuh, membangun spiritualitas lulusan. Seperti yang disampaikan pada poin sebelumnya kampus ini mempersiapkan lulusannya mempunyai kompetensi plus. Tetapi jauh dari itu sesungguhnya kampus UNISMA Malang ini adalah kampus dengan spiritualitas yang tinggi. Rektor UNISMA selalu mengatakan terlalu sombong manusia yang hanya mengandalkan kemampuan otak serta lupa akan spiritualitas. Di kampus ini spiritualitas dibangun dalam kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Harian misalnya pembiasaan sholawat nuril anwar dan doa awal dan akhir perkuliahan, ngaji satu makrak untuk dosen dan pimpinan setiap hari sebelum memulai aktivitas, shalat dhuhur berjemaah dan untaian hikmah, murrotal quran di setiap sudut-sudut ruang. Mingguan ada istighasah, bulanan ada majlis shalawat dan masjlis shalawat nariyah UNISMA dan lain-lainnya.

Inilah 7 alasan kenapa mesti kuliah dan mengkuliahkan putra-putrinya di UNISMA Malang. InsyaAllah kuliah di UNISMA Malang pinter, benar, dan barakahi.

***

*)Oleh: Muhammad Yunus. Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNISMA. Menjabat sebagai Kapala Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni, dan Keagamaan.    

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

*) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

*) Redaksi berhak tidak menanyangkan opini yang dikirim.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES