Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Ngaji Matematika (17): Bilangan Pecahan dalam Al-Qur'an

Kamis, 21 Mei 2020 - 22:19 | 1.17m
Abdul Halim Fathani, Pemerhati Pendidikan dan Dosen Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang
Abdul Halim Fathani, Pemerhati Pendidikan dan Dosen Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANGDALAM al-Qur’an terdapat surat dan ayat yang memuat bilangan pecahan. Dan bilangan pecahan merupakan bilangan rasional yang dapat dinyatakan dengan a/b, dengan ketentuan b tidak nol dan b bukan pembagi dari a. Bilangan a disebut pembilang sedangkan bilangan b disebut dengan penyebut.

Salah satu contoh surat dan ayat al-Qur’an yang membuat bilangan pecahan termaktub dalam Surat Al-Muzzammil ayat 20.

Advertisement

Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua per tiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Ayat tersebut di atas membahas tentang pembagian malam, disebutkan dalam ayat tersebut ada tiga bilangan pecahan, yaitu: “dua pertiga malam”, “seperdua malam”, dan “sepertiga malam”.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Sekarang mari kita melihat sebaran bilangan pecahan pada surat dan ayat lainnya. Dalam al-Qur’an terdapat 8 (delapan) bilangan pecahan yang tersebar dalam berbagai surat dan ayat, yakni: bilangan 1/2, 2/3, 1/3, 1/4, 1/5, 1/6, 1/8, dan 1/10. Lebih jelasnya mengenai penyebarannya dalam pelbagai surat dan ayat dapat dicermati dalam uraian berikut.

Bilangan 1/2 (Setengah)

1/2, diambil dari kata “Nishf”. Bilangan 1/2 (setengah) disebutkan dalam al-Qur’an sebanyak 7 (tujuh) kali yang tersebar dalam pelbagai surat dan ayat yang berbeda. Secara lengkap sebaran bilangan 1/2 (setengah) dalam al-Qur’an adalah: Surat al-Baqarah [2] ayat 237; surat al-Nisa’ [4] ayat 11, 12, 25, 176, dan Surat al-Muzammil [73] ayat 3, 20.

Bilangan 2/3  (Dua Per tiga)

2/3 diambil dari kata “Tsulutsa” atau “Tsulutsaani”. Bilangan 2/3 (dua per tiga) disebutkan dalam al-Qur’an sebanyak 3 (tiga) kali yang tersebar dalam pelbagai surat dan ayat yang berbeda. Secara lengkap sebaran bilangan 2/3 (dua per tiga) dalam al-Qur’an adalah: Surat al-Nisa’ [4] ayat 11 dan 176; serta Surat al-Muzammil [73] ayat 20.

Bilangan 1/3  (Sepertiga)

1/3, diambil dari kata “Tsuluts”. Bilangan 1/3 (sepertiga) disebutkan dalam al-Qur’an sebanyak 3 (tiga) kali yang tersebar dalam pelbagai surat dan ayat yang berbeda. Secara lengkap sebaran bilangan 1/3 (sepertiga) dalam al-Qur’an adalah: Surat al-Nisa’ [4] ayat 11 dan 12, serta Surat al-Muzammil [73] ayat 20.

Bilangan 1/4  (Seperempat)

1/4, diambil dari kata “Rubu”. Bilangan 1/4 (seperempat) disebutkan dalam al-Qur’an sebanyak 2 (dua) kali yang tersebar dalam surat dan ayat yang sama. Adapun sebaran bilangan 1/4 (seperempat) dalam al-Qur’an adalah: Surat al-Nisa’ [4] ayat 12.

Bilangan 1/5  (Seperlima)

1/5, diambil dari kata “Khumus”. Bilangan 1/5 (seperlima) disebutkan dalam al-Qur’an sebanyak 1 (satu) kali, yaitu pada Surat al-Anfal [8] ayat 41.

Bilangan 1/6  (Seperenam)

1/6, diambil dari kata “Sudus”. Bilangan 1/6 (seperenam) disebutkan dalam al-Qur’an sebanyak 3 (tiga) kali yang tersebar dalam ayat yang berbeda pada Surat yang sama. Secara lengkap sebaran bilangan 1/6 (seperenam) dalam al-Qur’an adalah: Surat al-Nisa’ [4] ayat 11, 11, dan 12.

Bilangan 1/8 (Seperdelapan)

1/8, diambil dari kata “Tsumun”. Bilangan 1/8 (seperdelapan) disebutkan dalam al-Qur’an sebanyak 1 (satu) kali, yaitu pada Surat al-Nisa’[4] ayat 12.

Bilangan 1/10 (Satu Persepuluh)

1/10, diambil dari kata “Usyrun”. Bilangan 1/10 (sepersepuluh) disebutkan dalam al-Qur’an sebanyak 1 (satu) kali, yaitu pada Surat Saba’[34] ayat 45.

Berdasarkan uraian di atas, jumlah penyebaran bilangan pecahan dalam al-Qur’an dapat diringkas sebagaimana berikut ini.

  1. Bilangan 1/2 (setengah) disebutkan sebanyak 7 kali.
  2. Bilangan 2/3 (dua per tiga) disebutkan sebanyak 3 kali.
  3. Bilangan 1/3 (sepertiga) disebutkan sebanyak 3 kali.
  4. Bilangan 1/4 (seperempat) disebutkan sebanyak 2 kali.
  5. Bilangan 1/5 (seperlima) disebutkan sebanyak 1 kali.
  6. Bilangan 1/6 (seperenam) disebutkan sebanyak 3 kali.
  7. Bilangan 1/8 (seperdelapan) disebutkan sebanyak 1 kali.
  8. Bilangan 1/10 (sepersepuluh) disebutkan sebanyak 1 kali.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Oleh: Abdul Halim Fathani, Pemerhati Pendidikan dan Dosen Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES