Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Silaturahmi Online di Bulan Syawal

Senin, 01 Juni 2020 - 06:50 | 60.66k
Imam Safi’i, M.Pd, Dosen Fakultas Agama Islam (FAI), Kabag Keagamaan Universitas Islam Malang (UNISMA).
Imam Safi’i, M.Pd, Dosen Fakultas Agama Islam (FAI), Kabag Keagamaan Universitas Islam Malang (UNISMA).
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Suasana Hari Raya Tahun ini berbeda dengan perayaan sebelumnya, yang biasanya didalam perayaannya ada genggap gempita dengan banyaknya kegiatan pertemuan untuk menyambung silaturahmi atau halal bihalal, pertemuan-pertemuan itu biasanya dikantor kerja bersama koleganya, melakukan pertemuan alumni sekolah mulai dari Sekolah Dasar sampai jenjang Kuliah. Ditambah lagi kegiatan di pondok pesantren dengan adanya pertemuan Alumni dan pertemuan wali santri semua itu agar terbangun tali silaturahmi.

Perayaan ini menjadi sangat berbeda lagi ketika tidak bisa berkunjung ke Orang Tua dan sanak saudara dikarenakan adanya Virus Covid-19, perencanaan yang sudah matang rupanya semuanya berubah dan harus menahan diri untuk tetap bisa menjaga jarak agar tidak menularkan Virus Covid-19. ini dilakukan untuk kebaikan dirinya,orang tua,sanak saudara dan lebih besar lagi bagi bangsa Indonesia.

Advertisement

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

Kalau ditarik dalam pelaksanaan puasa Ramadhan satu bulan kemarin seharusnya umat manusia yang sudah menjalankan dengan keimanan dan keikhlasan, maka harus muncul sikap mampu mengendalikan nafsunya agar tidak melakukan mudik, berkumpul banyak orang dan melakukan kegiatan yang menjadikan mudah tertularnya Virus Covid-19. Pengendalian nafsu tidak hanya dilakukan ketika Ramadhan akan tetapi di sebelas bulan kedepan harus mampu mengendalikan Nafsunya, disinilah bisa dikatakan bahwa Puasa Ramadhan memberikan dampak yang positif terhadap perilaku kehidupannya.

Silaturahmi sayogjanya dilakukan dengan bertemu fisik,akan tetapi di momentum Bulan Syawal ini dilakukan dengan Online, mulai dari pejabat pemerintah, akademisi, Karyawan, bersilaturahmi dengan memanfaatkan media online untuk tetap bisa menyambung tali silaturahmi. Menyambung silaturahmi ini menjadi sangat penting, karena dengan menjambung silaturahmi berarti menjadikan bertambahnya rezki dan umur panjang.

Silaturahmi secara online tidak mengurangi makna dari hari raya tahun ini, karena dengan memanfaatkan media online juga masih mampu menyatuka yang pernah retak,yang pernah sakit hati dan yang pernah memendam dendam. Menjadi hilang dikarenakan tetap ada silaturahmi walaupun hanya melalui media online.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

Kondisi saat ini memang sulit karena dengan keterbatasan bertemu fisik, akan tetapi silaturahmi harus tetap terjalin karena banyak sekali keutamaan dari silaturahmi yaitu: pertama, diluaskan rezeki dan dipanjangkan umurnya, dengan menyambung tali silaturahmi kepada orang tua, saudara dan rekan kerja maka akan terjalin komunikasi yang harmonis,maka akan menumbuhkan saling peduli satu dengan yang lainnya. Disini juga akan saling mendoakan. Sesuai hadist rosulullah “Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi” (HR.Bukhori-Muslim). Kedua, Menjaga kerukunan, bisa jadi sebelumnya kita punya salah dan belum sempat meminta maaf, maka dengan bersilaturahmi bisa mencairkan suasana dan saling memaafkan dan bisa kembali rukun hidup berdampingan secara damai. Ketiga, Menjaga kesehatan mental. Kemanfaatan dari bersilaturahmi bisa menyehatkan mental dengan cara saling bercengkrama,saling bertanya kabar dan menghadirkan rasa bahagia dan perasaan positif yang baik untuk kesehatan mental.

Bulan syawal ini memang berbeda akan tetapi tetap kita rayakan dengan cara yang berbeda, dengan begitu kita akan tetap merasakan kebahagian dan ketentraman. Semoga keberkahan bulan syawal dan silaturahmi melalui online akan tetap kita dapatkan. Amiin

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Penulis: Imam Safi’i, M.Pd, Dosen Fakultas Agama Islam (FAI), Kabag Keagamaan Universitas Islam Malang (UNISMA).

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : AJP-8 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES