Kopi TIMES

PMII di Era Society 5.0

Minggu, 08 Januari 2023 - 08:56 | 141.04k
Muhammad Faishol, M.Pd adalah Anggota Majelis Pembina Cabang (Mabincab) PC PMII Banyuwangi
Muhammad Faishol, M.Pd adalah Anggota Majelis Pembina Cabang (Mabincab) PC PMII Banyuwangi

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Di era society 5.0 ini, dunia telah berubah dengan cepat. Perubahan selalu tidak ramah kepada siapa saja yang tidak siap berinovasi dan berhenti belajar. Banyak organisasi yang tergilas karena tidak sigap untuk beradaptasi dengan perubahan. Hal itulah yang kira-kira menjadi tantangan berat bagi Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Banyuwangi yang resmi dikukuhkan di Kantor Dispendik, Banyuwangi, Sabtu (07/01/2023). 

Dengan mengusung tema “PMII Maju, Mandiri, dan Berkarakter”, PC PMII Banyuwangi dituntut terus tumbuh dan berkembang menjadi organisasi mahasiswa yang inovatif, menguasai ilmu dan teknologi . Pasalnya, PMII merupakan laboratorium kepemimpinan generasi muda yang akan menentukan maju atau mundurnya Indonesia di masa depan. 

Ditengah kondisi tersebut, setidaknya ada tiga aspek yang harus dimiliki oleh para kader yang berkhidmah di PC PMII Banyuwangi. 

Pertama adalah aspek mentalitas. Hal tersebut sangat penting karena bagaimanapun, kader inilah yang akan menjalankan roda pergerakan organisasi sebagai sebuah jalan pengkhidmatan. Pengurus pergerakan tidak boleh terlena dengan posisi politik praktis yang pasti akan sangat menggoda. PC PMII Banyuwangi sudah selayaknya memegang erat khittohnya sebagai agent of change, guardian of value, Iron Stock, Moral Force, dan Social Control. 

Sebagai kaum dengan kemampuan intelektual dan sikap kritis, sudah selayaknya PC PMII Banyuwangi menjadi jembatan bagi kaum muda dan masyarakat pada umumnya, agar hak-hak dasarnya terpenuhi dan bisa mengembangkan segala kemampuannya. Segala ruang gerak organisasi harus sejalan dengan pembelaannya kepada kaum “mustad’afin.”

Kedua adalah aspek tingkah laku atau sikap. Sebagai insan akademis, tingkat intelektual yang dimiliki kader PMII akan disejajarkan dengan tingkat moralitasnya. Dengan demikian, kader PMII diharapkan menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat. 

Kader PMII merupakan kekuatan moral bagi negeri ini. Coba kita lihat, begitu banyak senior-senior yang mengajarkan kebajikan-kebajikan dalam membangun bangsa dan negara ini. Sebut saja salah satunya adalah sahabat Nurul Gufron yang saat ini menjadi komisioner KPK. Berkat Moral Force inilah menjadi bukti bahwa kader PMII diterima secara nasional, baik secara akademis, organisasi, dan yang paling penting adalah integritasnya.

Ketiga adalah aspek pengetahuan dan keterampilan. Saat ini, sektor industri di Indonesia telah memasuki era society 5.0, dimana kualitas kader bisa dinilai dari value yang dimiliki. Jika era 4.0 menggunakan kecerdasan buatan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia, maka era 5.0 memposisikan manusia menjadi bagian yang menyeimbangkan kemajuann ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial melalui sistem yang sangat mengintegrasikan dunia maya dan ruang fisik. 
Hal ini menuntut kader PMII harus adaptif jika ingin bertahan ditengah arus perubahan. Tentu, salah satunya dengan selalu meningkatkan aspek pengetahun dan keterampilan. Selain itu, kader PMII juga harus memiliki kemampuan teachability. Sederhanya, selain terus meningkatkan aspek pengetahuan dan keterampilan, kader wajib punya kemauan yang kuat untuk belajar hal baru. 

*) Penulis, Muhammad Faishol, M.Pd adalah Anggota Majelis Pembina Cabang (Mabincab) PC PMII Banyuwangi

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES