Kopi TIMES

Tips Jokowi Sukses Memimpin Indonesia

Jumat, 03 November 2023 - 12:33 | 34.14k
Hainor Rahman, Mahasiswa Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang (UNISMA).
Hainor Rahman, Mahasiswa Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang (UNISMA).

TIMESINDONESIA, MALANG – Jokowi merupakan sosok pemimpin di Indonesia yang lahir dari lingkungan masyarakat biasa. Kesuksesan dalam memimpin menginspirasi banyak orang. Menegaskan, bahwa siapapun bisa menjadi pemimpin di negeri ini.

Jokowi yang mulanya seorang pengusaha mebel di Solo, tiba-tiba merubah dirinya menjadi orang nomor satu di Indonesia. Sukses mengantarkan bangsa Indonesia kepada pintu kemajuan diberbagai sektor. Tentu itu semua tidak terlepas dari kecerdasan Jokowi dalam memimpin.   

Dua priode Jokowi memimpin Indonesia dengan segala tantangannya. Jokowi sukses melewati itu semua. Sehingga kesuksesannya banyak dikagumi oleh masyarakat Indonesia dengan capaian prestasi yang diperoleh.   

Maka dari itu, dalam tulisan ini akan penulis sajikan tips Jokowi sukses memimpin Indonesia, sebagai berikut; Pertama, memiliki impian besar untuk membangun bangsa Indonesia dengan memanfaatkan sumber kekayaan alam yang melimpah ruah.

Kedua, meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas melalui optimalisasi pendidikan nasional yang merata di seluruh daerah di Indonesia.

Ketiga, bekerja keras dan tekun dalam mewujudkan impian dan cita-cita kemajuan bangsa Indonesia.

Keempat, membangun persatuan bangsa yang kuat dari perbedaan budaya, kepercayaan, suku, agama, ras, dan bahasa. 

Kelima, memperkuat ketahanan pangan sebagai pondasi kehidupan bagi masyarakat Indonesia.

Keenam, melestarikan budaya di Indonesi yang majemuk dan penuh arti bagi kokohnya nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ketujuh, membangun kekuatan ekonomi global dan infrastruktur yang merata di seluruh daerah di Indonesia.

Kedelapan, menegakkan hukum dengan seadil-adilnya dan beradab serta memperlakukan hak yang sama bagi warga negara dihadapan hukum.

Inilah tips Jokowi sukses memimpin Indonesia menjadi bangsa yang merdeka sebagaimana yang dicita-citakan para pendiri bangsa. Harapannya, kesuksesan ini menjadi cermin pemimpin Indonesia di masa yang akan datang.      

Dengan demikian Indonesia emas yang diperkirakan terwujud tahun 2045 akan betul-betul dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, kesinambungan program dan tips kepemimpinan Jokowi perlu untuk di contoh. 

***

*) Penulis: Hainor Rahman, Mahasiswa Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang (UNISMA).

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

*) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

*) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hainorrahman
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES