Kopi TIMES

Peran Generasi Z pada Kontestasi Politik 2024

Selasa, 07 November 2023 - 20:15 | 56.56k
Syahrul Faiz, Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Islam Malang.
Syahrul Faiz, Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Islam Malang.

TIMESINDONESIA, MALANG – Anak muda yang kehidupannya tak bisa lepas dari kemajuan teknologi dikenal dengan Gen-Z. Golongan anak muda ini sangat update dengan perkembangan zaman terutama pada kemajuan teknologi.

Karakteristik generasi Z, antara lain; Mahir menggunakan teknologi, suka berkomunikasi, mandiri, toleransi dan penuh ambisi. Lalu apa yang seharusnya mereka lakukan ketika menjelang pemilu 2024 nanti?

Anak muda hari ini di prediksi sebagai generasi emas indonesia 2045. Diharapkan mampu membawa Indonesia pada gerbang kemajuan. Oleh karena itu, mereka harus tepat dalam menentukan hak demokrasinya.

Bergulirnya kontestasi politik 2024 ini, banyak di jumpai informasi yang tidak lengkap. Sehingga menyebabkan masyarakat sekitar terjerumus terhadap informasi hoax. 

Kondisi demikian menjadi tantangan bagi anak muda untuk membentenginya. Dengan ide dan gagasan yang konstruksi untuk menjaga persepsi seluruh rakyat Indonesia. 

Dengan memelihara informasi yang benar menjelang pemilu 2024 akan semakin memperkuat persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara. Serta mewujudkan pemilu yang berkualitas, sesuai dengan harapan seluruh anak bangsa.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran anak muda dalam berpolitik, mereka juga bisa ikut andil dalam pelaksanaan pemilu 2024. Seperti menggunakan hak pilihnya dengan di dasari oleh ide dan gagasan, menjadi pemantau pemilu, dan mampu memberikan motivasi bagi masyarakat sekitar dengan melakukan sosialisasi untuk mensukseskan pemilu 2024 yang lebih bermartabat.

Manfaat yang dapat diperoleh nantinya sebagai penyelenggara pemilu adalah pengetahuan terkait empiris dan teknis dalam penyelenggaraan pemilu. tantangan yang akan dihadapi anak muda dalam menggunakan hak suaranya, yakni mampu mempertahankan independensi pikiran di tengah serbuan opini dan propaganda.

Seperti disampaikan dimuka. Indonesia memiliki cita–cita menjadi negara maju pada tahun 2045, atau yang familiar disebut Indonesia emas 2045. Anak muda harus mengambil peran sesuai dengan kapabilitas masing-masing. Melakukan inovasi teknologi, sebab dengan demikian salah satu langkah yang pas untuk anak muda dalam mewujudkan Indonesia emas 2045.

Karena mereka memiliki kemampuan untuk menciptakan inovasi baru dengan memanfaatkan teknologi, guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam berbagai macam lini sektor. 

Dalam konteks Indonesia emas 2045, anak muda dapat berperan aktif dalam mengembangkan orientasi masa depannya  untuk mengatasi berbagai masalah sosial, pendidikan, dan ekonomi di Indonesia 

Kemudian anak muda juga dapat terlibat dalam program sosial, advokasi, penyuluhan kesehatan, dan berbagai inisiatif lain yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat indonesia. Dengan begitu mereka akan menjadi pionir perubahan yang positif dan mampu mendorong Indonesia menuju masa depan yang gemilang.

Penulis mengajak generasi Z untuk mempergunakan hak suaranya dengan tepat. Kepemimpinan nasional dan arah bangsa kedepan ada di tangan Gen-Z. Oleh karenanya, momentum politik 2024 ini akan menjadi langkah awal anak muda mengawal laju kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai infestasi di masa depan.

***

*) Oleh : Syahrul Faiz, Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Islam Malang.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

*) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

*) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hainorrahman
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES