Kopi TIMES

Ikhtiar dan Tawakal Jalan Kesuksesan

Kamis, 25 Januari 2024 - 20:46 | 22.86k
Faiqotul Himmah, Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Universitas KH. Mukhtar Syafaat, Banyuwangi.
Faiqotul Himmah, Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Universitas KH. Mukhtar Syafaat, Banyuwangi.

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Untuk menggapai kesuksesan dalam hidup seseorang tidak selalu berjalan mulus sesuai dengan keinginan. Ada rintangan ataupun halangan yang akan dihadapi seseorang sehingga membutuhkan proses demi proses untuk mencapai kesuksesan yang direncanakan. Tidak sedikit pula orang sukses yang diawali dengan jatuh bangun karena kegagalan yang dialami. Namun banyak diantara kita menjadi malas dan loyo ketika mendengar kata kegagalan, apalagi sudah mengalami kegagalan itu, tidak sedikit orang takut untuk mewujudkan sebuah rencana yang telah dibuat karena trauma dengan kegagalan yang pernah dialaminya.

Kebanyakan orang yang sukses tentunya orang-orang yang mempunyai tekad serta berusaha untuk terus bangkit dari kegagalan dan keterpurukan yang dihadapi, rencana boleh gagal, akan tetapi terus berusaha dan berdoa untuk proses menuju kesuksesan itulah yang paling penting. Berikhtiar dan bertawakal untuk menuju kesuksesan harus kita lakukan secara terus menerus, karena untuk mencapai kesuksesan yang kita inginkan itu tidak semudah yang dibayangkan bahkan tidak ada kata sukses yang dicapai secara instan dan cuma-cuma tanpa ada proses dan usaha terlebih dahulu. Semua hal jika ingin sukses memang membutuhkan suatu perjuangan dengan segala lika-liku yang bermacam-macam dalam mencapainya.

Kebanyakan orang pasti akan menemui kesulitan ataupun halangan yang harus dihadapi, dan yang banyak dialami setiap orang adalah kegagalan. Kegagalan inilah yang sering membuat orang menjadi putus asa dan patah semangat, sehingga menimbulkan rasa tidak berani untuk mencoba lagi. Cukup banyak orang dan tidak jarang impian seseorang akan berakhir pada fase ini dimana kegagalan membuat banyak orang trauma dan hilang harapannya. 

Seharusnya, apabila kita mengalami suatu kegagalan, tugas kita harus bangkit dan berani mencoba lagi, lagi dan lagi. Berpikirlah yang positif dan mulai berusaha lagi untuk menjalankan apa yang sudah kita rencanakan dengan matang, tidak hanya merenung dan menyesali suatu kegagalan yang telah terjadi. Di balik kesulitan terdapat kemudahan yang akan datang setelahnya. Jadi, tidak seharusnya kita putus asa ketika menghadapi kegagalan atau masalah sesulit apapun di dalam hidup ini. Terus berikhtiar, dan berdoa agar senantiasa mendapatkan kemudahan dan kelancaran dalam menghadapi segala urusan dan kesulitan yang sedang di hadapi.

Apabila kondisi kita saat ini masih sangat jauh dari kata sukses seperti yang kita harapkan, maka sudah sepatutnya kita berikhtiar dan bertawakal serta merubah pola pikir, perilaku dan tindakan kita untuk mencapai kesuksesan itu. Sudah seharusnya kita keluar dari zona nyaman dalam berproses menuju kesuksesan. Dapat kita ambil contoh, apabila kita mempunyai impian atau target untuk bisa lulus kuliah dengan index prestasi yang sempurna, maka kita harus merubah kebiasaan buruk kita. Jika biasanya ada rasa malas-malasan untuk belajar harus berubah menjadi lebih rajin dan lebih giat dalam belajar baik didalam kelas kuliah ataupun saat di luar kelas serta dibarengi dengan usaha dan doa.

Orang yang selalu berusaha keras, tabah, sabar, dan selalu bersyukur sehingga mampu melewati semua permasalahan tersebut, itulah yang akan berhasil meraih kesuksesan yang diinginkannya. Untuk mendapatkannya juga tidak mudah. Kita harus siap ditimpa segala rintangan-rintangan yang akan datang menghampiri diri kita. Apakah bisa kita menghadapi semua rintangan-rintangan tersebut? 

Tentu saja bisa, asalkan kita punya niat dan tekad yang kuat untuk selalu berusaha menggapai apa yang sudah kita rencanakan, dimanapun kita berada, dan dalam kondisi atau situasi bagaimanapun kita. Maka kita harus selalu percaya dan yakin bahwa kesuksesan yang kita inginkan akan tercapai melalui proses dan usaha yang kita lakukan. Jangan sampai menyerah sebelum berhasil dan tidak lupa selalu berdoa dan bertawakal untuk semua usaha yang kita lakukan. 

Ikhtiar dan Tawakal adalah kunci menuju kesuksesan, kita harus berusaha dan terus berusaha apapun resikonya. Tetaplah berusaha bagaimanapun caranya, jadikan satu kegagalan sebagai sebuah pengalaman berharga, tetap optimis dan percaya bahwa kita pasti bisa untuk meraih apa yang kita cita-citakan. Maka dari itu, jangan hanya melihat hasil akhirnya saja, tetapi lihatlah prosesnya. Seseorang yang sukses tidak akan pernah berhenti dan seorang pesimis tidak akan pernah sukses.

***

*) Oleh: Faiqotul Himmah, Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Universitas KH. Mukhtar Syafaat, Banyuwangi.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

*) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

*) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hainorrahman
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES