Kopi TIMES

Ketenangan Para Kekasih Allah SWT

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:48 | 11.39k
Thoriq Al Anshori, Dosen Fakultas Agama Islam, Sekretaris Pesantren Kampus Ainul Yaqin Universitas Islam Malang (UNISMA).
Thoriq Al Anshori, Dosen Fakultas Agama Islam, Sekretaris Pesantren Kampus Ainul Yaqin Universitas Islam Malang (UNISMA).

TIMESINDONESIA, MALANG – Terdapat badai yang sangat kencang menghantam sebuah kapal. Hujan pun tak kunjung berhenti. Kapal terus diombang ambing oleh amukan ombak. Seluruh penumpang kapal pun panik dan cemas serta kebingungan. Ketika seluruh orang merasa kehilangan arah tampak seorang pemuka sufi di zamannya duduk dengan santainya sambil menundukkan kepala dan menutupinya dengan surban.

Mereka bertanya kepadanya, “wahai Ibrahim Bin Adham apakah kau tak sadar kita sedang menghadapi apa saat ini?. Beliau pun menjawab, “tidak kah semua yang terjadi atas kehendakNya?”, jawaban beliau yang sangat sederhana namun penuh makna menembus hati semua yang ada di sana sehingga yang sedang dihadapi menjadi sangat ringan dirasa. Selepas ikhtiar dan tawakkal pun semua menjadi kondusif seperti tidak terjadi apa apa.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Seringkali telah berburuk sangka dari awal menganggap kita sedang atau akan menghadapi masalah besar, mengira bahwa kita tidak akan memiliki jalan keluar tapi ternyata Allah swt dengan mudah membuat kita keluar dari semua itu. Membuat kita sadar akan kelembutan dan kasih sayangNya.

Seakan Allah ingin menyampaikan satu pesan penting : Aku ada, apakah kamu masih ragu ? aku maha pengasih apakah kamu masih ragu? Bukankah setiap hari engkau membaca Bismillahirrahmaanirrahiim?. Tak usah gelisah atau mungkin gundah gulana karena Allah swt seringkali mengirim harapan di titik puncak putus asa. Sebagaimana Allah mengirim air hujan dari mendung yang paling dipenuhi oleh kegelapan. Karena jani Allah SWT

إن مع العسر يسرا

Sesungguhnya pada setiap kesulitan pasti terdapat kemudahan

Semua akan indah dengan cara Allah swt bukan dengan anggapan dan indicator ketercapaian manusia yang tak menentu insyaAllah.

Kehidupan kita jauh lebih berharga dan besar dari semua yang kita hadapi. Maka ketenangan adalah kunci sukses untuk mengahdapinya. Maka jangan sibukkan diri dengan hal yang membuat jiwa Lelah karena ada yang mengatur semuanya yaitu Allah swt. Jika terlalu dipikir maka kan meletihkan tiada guna. Malah akan dihabiskan waktu-waktu dengan hal-hal yang tiada faidah. Karena hidup ini penuh dengan hal-hal yang membuat kita Bahagia. ***

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*) Penulis: Thoriq Al Anshori, Dosen Fakultas Agama Islam, Sekretaris Pesantren Kampus Ainul Yaqin Universitas Islam Malang (UNISMA).

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES