Membangun Kelas Impian dalam Pembelajaran Kekinian
TIMESINDONESIA, WONOGIRI – Dalam kegiatan pembelajaran di era kekinian, guru perlu menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang nyaman bagi peserta didik. Kenyamanan peserta didik dapat tercipta bukan hanya karena fasilitas yang disediakan sekolah melainkan juga suasana kelas yang nyaman bagi peserta didik.
Dalam kegiatan pembelajaran, kelas yang nyaman adalah impian bagi peserta didik dan guru. Konsep kelas impian merupakan ruang belajar yang dirancang sedemikian rupa, sehingga mampu membangkitkan antusiasme dan semangat belajar peserta didik.
Advertisement
Dalam kelas impian, sebuah kelas tidak lagi dipandang sebagai ruang kaku dan membosankan, melainkan sebagai tempat yang menyenangkan, interaktif, dan penuh dengan nuansa kreatif.
Di era pembelajaran saat ini kehadiran kelas impian merupakan kebutuhan yang harus disadari oleh guru. Beberapa hal yang mendasari pentingnya membangun kelas impian diantaranya:
Pertama, kelas impian dapat membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Lingkungan kelas yang nyaman, kreatif, dan menarik secara visual dapat meningkatkan semangat peserta didik untuk belajar. Suasana kelas yang positif juga mendukung terjalinnya interaksi dan kolaborasi yang baik antar peserta didik, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Kedua, kelas impian mampu mengakomodasi beragam gaya belajar peserta didik. Dengan menerapkan metode pembelajaran yang variatif dan didukung oleh fasilitas teknologi modern, kelas impian dapat memfasilitasi peserta didik dengan berbagai preferensi belajar. Hal ini akan mendorong keterlibatan aktif peserta didik sekaligus mengembangkan potensi mereka secara optimal.
Ketiga, kelas impian dapat menjadi kebanggaan sekolah dan meningkatkan citra institusi di mata masyarakat. Desain kelas yang inovatif dan fungsional dapat menarik perhatian orang tua dan membuat mereka semakin percaya akan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Reputasi baik ini pada akhirnya akan memperkuat daya saing sekolah dalam menarik minat calon peserta didik baru.
Membangun kelas impian memang membutuhkan komitmen dan investasi yang tidak sedikit. Namun, upaya tersebut dapat dianggap sebagai investasi jangka panjang yang akan memberikan manfaat besar bagi kemajuan pendidikan.
Dengan lingkungan belajar yang inspiratif dan menyenangkan, siswa akan terdorong untuk tumbuh menjadi generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga kreatif, inovatif, dan beradaptasi dengan tuntutan zaman.
Beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh guru dalam membangun kelas impian diantaranya:
Pertama, Menggali ide. Hal pertama dalam membangun kelas impian adalah menggali ide dari para peserta didik mengenai gambaran kelas yang mereka impikan. Dalam tahap penggalian ide ini dapat dilakukan secara terbuka agar dapat saling melengkapi dan memberikan pemahaman yang utuh seluruh anggota kelas mengenai konsep kelas impian yang diharapkan bersama oleh anggota kelas.
Kedua, Mendesain kelas. Dalam tahap mendesain kelas perlu diperhatikan mengenai kenyamanan, tata letak, dan hiasan yang akan diletakkan pada kelas impian. Setiap masukan dan kreativitas anggota kelas perlu diwadahi demi kenyamanan bersama.
Ketiga, Membangun hubungan yang positif antar siswa. Setelah fisik kelas telah tertata baik maka selanjutnya adalah menata peserta didik dalam kelas agar mereka memiliki hubungan yang positif antar peserta didik sehingga akan tercipta komunikasi, kolaborasi, dan dukungan emosional yang baik dalam kelas impian. Dalam tahapan ini seluruh anggota kelas dapat membuat kesepakatan kelas yang menjadi komitmen bersama.
Keempat, Melakukan refleksi. Bagian yang tak kalah pentingnya adalah refleksi. Dalam kegiatan refleksi ini dapat diketahui sejauh mana implementasi kelas impian ini dapat berjalan dan dinikmati oleh para peserta didik. Dari hasil refleksi pula dapat dilakukan perbaikan dari komitmen kelas impian yang telah disusun bersama.
Melalui kelas impian ruang kelas tidak hanya fungsional, tetapi juga inspiratif, menyenangkan, dan mendorong peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Membangun "kelas impian" bukanlah tugas yang mudah, namun dengan perencanaan yang cermat dan dedikasi yang kuat, pasti dapat diwujudkan.
***
*) Oleh : Dony Purnomo, Guru Geografi SMAN 1 Purwantoro.
*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id
**) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]
**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim.
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Hainorrahman |
Publisher | : Sholihin Nur |