Makna Simbolik Aktifitas Muallaf Etnis India Muslim di Kota Medan

TIMESINDONESIA, MALANG – Kota Medan diketahui sebagai salah satu kota multietnis di Indonesia. Salain suku suku asli Indonesia terdapat pula komunitas etnis Tionghoa, Arab, India dan lainnya yang telah lama menetap dan berinteraksi di kota Medan. Termasuk banyaknya keragaman Agama, budaya, etnis dan arsitektur Indonesia termasuk soal agama.
Keberadaan agama di Indonesia banyak akhirnya dipengaruhi oleh adat. Islam contohnya adalah agama dominan di Indonesia, juga mengalami hal yang sama. Sejak masuk ke Indonesia, unsur Islam telah berubah karena pengaruh praktik, budaya, dan agama lain yang sudah dikenal masyarakat Indonesia.
Advertisement
Apalagi negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing menggambarkan negara memberikan kebebasan penduduknya untuk menentukan sendiri agama yang akan dianutnya dan melaksanakan kegiatan dalam bentuk kegiatan ibadah. Termasuk di antaranya adalah keberagaman etnis India ikut serta membangun kultur di kota Medan yang sebagaian besar etnis India menganut agama Hindu, Budha dan Islam.
Migrasi agama juga menjadi point penting bagi etnis India. Salah satunya adalah komunitas Muslim India yang signifikan di Medan. Mereka sebagai besar berasal India Tamil Selatan khusunya Muslim Tamil. Keberadaan komunitas India Muslim di Kota Medan ini pada dasarnya memiliki sejarah panjang terutama dalam konteks perdagangan dan penyebaran agama.
Keberadaan etnis India muslim di Kota Medan dapat dikatakan sebagai warga minoritas di Kota Medan sebab tidak banyak masyarakat India yang beralih pindah agama apalagi masuk agama Islam sebab bagi masyarakat Islam merupakan agama garis keras.
Keberadaan muslim India di Kota Medan banyak mengalami krisis salah satunya adalah krisis identitas sebagai orang Tamil yang disebabkan banyaknya budaya yang dianut oleh etnis tersebut bertentangan dengan ajaran agama Islam.
Kurangnya penghayatan serta pemahaman terhadap Islam serta dukungan moral dan sulitnya melupakan kebiasaan-kebiasaan lama merupakan bagian dari tantangan muallaf muslim dalam membangun jati diri umat Islam.
Motivasi belajar yang kurang yang dilakukan oleh muallaf muslim menjadi masalah yang disebabkan cara pembelajaran yang terlalu berlebihan yang berdampak pada kondisi psikis mereka. Apalagi masuknya etnis lain non muslim menjadi muslim hampir ditemukan rasa takut seperti kehilangan keluarga, rekan sejawat dan harus siap menjadi miskin.
Oleh karena itu peneliti tertarik mengkaji tentang nilai aktivitas mualaf etnis India sebagai aktivitas minoritas di tengah masyarakat mayoritas Hindu India di Kota Medan. Aktivitas yang dilakukan dalam penelitian ini berlandaskan pada perspektif teori interaksionisme simbolik yang berpijak pada tiga premis, yaitu Manusia bertindak terhadap sesuatu berdasarkan makna yang dimiliki sesuatu tersebut bagi dirinya, makna tersebut berasal dari interaksi sosial seseorang dengan orang lain dan makna tersebut disempurnakan selama proses interaksi sosial.
Penelitian ini melibatkan tujuh orang yang memiliki pengetahuan yang cukup dan memberikan pandangan tentang aktivitas mualaf etnis India di Kota Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas sosial yang dilakukan oleh masyarakat mualaf etnis India Muslim di Kota Medan selalu ada dan selalu dimungkinkan adanya realitas ganda, yaitu di satu sisi masyarakat mualaf etnis India Muslim di Kota Medan memiliki sistem yang tersusun antara agama dan adat istiadat atas segala sesuatu yang nyata dalam realitas dan di sisi lain terdapat sistem normatif yang di dalamnya terdapat mentalitas yang membayangkan segala sesuatu yang seharusnya dilakukan.
Sistem faktual dan normatif sebenarnya bukanlah dua realitas yang identik, melainkan terpisah satu sama lain. Simpulannya, aktivitas sosial mualaf dilakukan melalui transmisi nilai-nilai, yaitu pendidikan tentang agama, ibadah, serta aspek sosial dan moral.
Dengan Harapan hadirnya Muallaf etnis India ini haruslah dilakukan pendampingan dan pembinaan khusus untuk Muallaf agar Muallaf merasa yakin dengan agama Islam dan dapat menjalankan kegiatan- kegiatan beribadah yang sesuai dengan syariat secara baik seperti kegiatan spiritual pengajian-pengajian yang dilakukan sekaligus bimbingan mengenai dasar-dasar agama Islam.
***
*) Oleh: Faizal Hamzah Lubis, Mahasiswa Program Doktor Sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang.
*) Tulisan ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Hainorrahman |
Publisher | : Rochmat Shobirin |