Kuliner

Mencicipi Nasi Liweut Ala Saung Eurih Majalengka

Sabtu, 07 Maret 2020 - 19:05 | 650.38k
Saung Eurih salah satu lokasi wisata kuliner favorit di Majalengka dengan hidangan nasi liweut yang khas. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Saung Eurih salah satu lokasi wisata kuliner favorit di Majalengka dengan hidangan nasi liweut yang khas. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Ketika berada di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, tak akan membuat anda mati gaya. Ada berbagai kegiatan wisata yang bisa dilakukan di kota yang memiliki seribu curug ini.

Ya, Majalengka memang menyimpan ragam kekayaan budaya, sejarah dan kuliner atau makanan khas. Rasanya sehari tak cukup menjelajahi salah satu kabupaten yang berada sebelah timur Jawa Barat tersebut.

Saung-Eurih-Majalengka-2.jpg

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam dan wisata lainnya. Kali ini TIMES Indonesia mendatangi salah satu tempat wisata kuliner yang cukup terkenal di Kabupaten Majalengka. Yakni, "Saung Eurih".

Di tempat ini tersedia sejumlah makanan khas yang nikmat dan bikin kangen. Namun, yang paling terkenal makanan khas di Rumah Makan (RM) Saung Eurih ini, adalah "Nasi Liweut" yang bikin istimewa di lidah.

Lengkap dengan lauk pauk khas Sunda, yakni sambal, lalapan, tahu-tempe goreng, ikan asin. Anda hanya dikenai biaya sebesar Rp 60 ribu saja per paketnya.

Saung-Eurih-Majalengka-3.jpg

Hanya merogoh kocek sebesar itu, nasi liwet ala Saung Eurih ini bisa dinikmati oleh empat orang. Namun, ada juga menu tambahan seperti ikan, bakakak (ayam bakar), jengkol dan lain-lain.

Untuk ikan, baik ikan bakar maupun ikan goreng hanya dibanderol Rp 40 ribu saja. Sedangkan, ayam bakakak Rp 80 ribu. Ada juga Karedok Rp 8000. Selain itu, juga tersedia beraneka ragam minuman.

Edisi-sabtu-nasi-liwet-7-Maret-2020.jpg

Menurut Marketing Communication RM Saung Eurih, Iwan Abe, bahwa nama Saung Eurih tersebut, diambil dalam bahasa Sunda. Yakni, saung berarti gubuk. Sedangkan eurih berarti ilalang. Jadi, Saung Eurih berarti, gubuk yang terbuat dari ilalang.

Saung-Eurih-Majalengka-4.jpg

RM Saung Eurih tersebut, dikatakan Abe, berada di Kelurahan Cicurug, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka dan Saung Eurih bisa menjadi lokasi yang tepat bagi anda pecinta kuliner, yang ingin menikmati hidangan dengan suasana alam berbeda dari yang lainnya.

"Disini anda bisa menyantap Nasi Liweut dengan suasana di saung (gubuk) sambil merasakan udara alam terbuka dan kondisinya cukup teduh dan sejuk dengan kehadiran puluhan pohon-pohon yang rindang dan disini bisa menjadi alternatif bagi pencinta kuliner dan mengisi waktu bersama orang-orang tercinta," jelasnya .(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES