Kuliner

Wisata Kuliner Ponorogo, Nikmati Sate Gule Legendaris Mbah Jambul

Kamis, 21 Mei 2020 - 15:15 | 298.20k
Suwadi, cucu mbah Jambul yang setiap hari melayani penikmat kuliner sate gule khas Ponorogo. (foto:Marhaban/Times Indonesia)
Suwadi, cucu mbah Jambul yang setiap hari melayani penikmat kuliner sate gule khas Ponorogo. (foto:Marhaban/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Setiap kota memiliki kuliner khasnya masing-masing. Begitu juga Ponorogo Jawa Timur yang sudah lama memiliki sate gule sebagai ikon kuliner yang cukup terkenal. Salah satu yang legendaris adalah sate gule mBah Jambul.

Warung sate gule yang berada di Jl Trunojoyo Ponorogo ini sampai sekarang masih eksis karena mempunyai cita rasa juara. Meskipun diterjang zaman, warung satu gule mBah Jambul masih menyajikan rasa khas masakan Ponorogo.

Kepada TIMES Indonesia, Suwadi, cucu Mbah Jambul, memaparkan bahwa warung sate gulenya sudah 4 generasi, "Dan sejak tahun 50- an warungnya tidak pernah beranjak dari sekitar wilayah Tambakbayan Ponorogo," ujarnya, Kamis (21/5/2020).

kuliner-sate-gule-khas-Ponorogo.jpg

Menurut dia, resep masakan sate dan gulenya masih peninggalan sang nenek moyang. "Resep masakan yang kami gunakan masih peninggalan buyut saya, jadi sampai ke saya sudah 4 generasi," kata Suwadi.

Kalau dulu kuliner sate gule di Ponorogo selalu sore hingga malam hari, maka mBah Jambil buka mulai jam 11 siang. "Dan maksimal sampai jam 2 sudah habis," terang Suwadi.

Untuk omzet hari biasa, Suwadi bisa menghabiskan 500 tusuk sate, "Kalau Idul Fitri kami bisa dua kali lipat," jelasnya.

Bagi penggemar kuliner sate gule khas Ponorogo pasti akan bisa menikmati rasa lezat dan sejarah dari warung sate gule mBah Jambul ini.

"Rasanya khas Ponorogo dan lidah kami tidak bisa dibohongi, saya pastikan seminggu sekali datang kesini," ucap Sumarno, penikmat kuliner sate gule asal Wonogiri Jawa Tengah.

Dia mengaku bahwa sate gule mBah Jambul punya rasa khas, "Meski banyak warung sate gule banyak, tetapi saya tetap memilih disini karena paling enak di Ponorogo," sebut Sumarno. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES