Kuliner

Resep Membuat Sambal Cumi

Jumat, 27 Agustus 2021 - 08:31 | 141.62k
Gambar untuk masakan sambal cumi. (Foto: Pinterest)
Gambar untuk masakan sambal cumi. (Foto: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hidangan pedas kerap menjadi pilihan untuk disantap dengan menu utama. Olahan sambal, misalnya. Beragam olahan sambal bisa dinikmati, seperti sambal tomat, sambal bawang, sambal mata, dan sambal hijau. Seiring waktu berjalan, muncul berbagai inovasi olahan sambal yang unik dan diminati penikmat kuliner, salah satunya sambal cumi

Sambal cumi merupakan menu pendamping hidangan utama yang disajikan dengan takaran pedas tertentu. Dan tentu saja dengan campuran masakan laut yakni cumi-cumi (Loligo sp). Untuk membuat sambal cumi, diperlukan beberapa bahan meliputi: 150 gram cumi asin, empat lembar daun jeruk, ½ sendok teh gula, ¼ sendok teh garam, ½ sendok teh kaldu jamur, lima bawang merah, tiga siung bawang putih, 20 cabe rawit (opsional), 10 cabe keriting (opsional).

Berikut langkah-langkah untuk membuat sambal cumi: 

1. Cuci-cumi hingga bersih kemudian goreng dengan minyak yang banyak hingga cumi akna terendam semua dengan minyak. 

2. Kemudian goreng bawang merah, putih, cabe yang telah disiapkan dengan minyak bekas pakai dari menggoreng cumi. Goreng hingga ½ matang. 

3. Tumis sambal tersebut hingga matang, kemudian masukkan cumi-cumi yang telah digoreng lalu cicipi untuk mengoreksi rasa. 

4. Hidangan sambal cumi siap dinikmati.

Inilah salah satu langkah untuk memasak sambal cumi sebagai inovasi dalam menikmati hidangan sambal. Dengan demikian, rasa pedas sambal cumi yang bisa dinikmati dengan berbagai hidangan, akan tetap lestari dan tidak akan dilupakan oleh penggemarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES