Kuliner

Variasi Roti Tawar untuk Menemani Sarapan

Minggu, 27 Februari 2022 - 07:27 | 83.77k
Egg Toast Cup yang bisa jadi pilihan kreasi sarapan. (Foto: Stay at Home Mum/TIMES Indonesia)
Egg Toast Cup yang bisa jadi pilihan kreasi sarapan. (Foto: Stay at Home Mum/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sarapan merupakan hal penting yang tidak boleh kita lewatkan untuk mengawali hari, agar bisa fokus pada apa yang dikerjakan. Menu setiap orang juga berbeda-beda, ada yang mengharuskan nasi, hanya makan buah dan susu, atau yang lainnya. Salah satu menu sarapan paling dasar selain nasi yaitu roti tawar.

Kebanyakan orang menyajikan roti tawar dengan cara dipanggang, oles selai atau mentega dengan meises atau susu segar, bisa juga dengan telur dasar atau mata sapi. Tetapi jika hanya seperti itu pasti akan cepat bosan, dan tidak berselera.

Berikut ini adalah olahan roti tawar yang mudah dibuat untuk sarapan kalian.

1. French toast

Meski namanya terdengar asing, namun cara membuatnya cukup mudah loh! Kocok 2 butir telur dan tambahkan 100 ml susu. Jika kalian ingin menambahkan bubuk kayu manis tidak apa, bahkan lebih nikmat. Setelah itu celupkan roti tawar ke dalamnya, lalu panggang. Jika kalian menggunakan teflon, jangan lupa untuk memanggangnya dengan api kecil.

2. Toast cup

Bosan dengan olahan roti telur itu-itu saja? Pilihan satu ini bisa menjadi menu baru kalian. Letakkan roti ke dalam cetakan atau cup tahan panas, biarkan sisinya terlipat. Lalu pecahkan telur di dalamnya, bisa dikocok atau dibiarkan mata sapi, jangan lupa tambahkan garam sedikit. Kalian bisa menambakan kornet, tomat, sosis, atau yang lainnya ke dalam telur tersebut. Setelah itu panggang dengan oven atau microwave. Pastikan tidak gosong yaa.

3. Pizza roti

Siapa bilang membuat pizza itu susah? Kalian bisa membuatnya hanya dengan berbekal roti tawar.

Sebelumnya kalian bisa menumis toppingnya terlebih dahulu. Bisa sosis dengan saus tomat, atau suka hati kalian. Setelah itu ratakan diatas roti tawar yang sudah disiapkan, dan panggang selama satu menit. Jika kalian menggunakan teflon, olesi salah satu sisi roti dengan mentega lalu masukkan ke dalam teflon sebelum meratakan toppingnya.

4. Roti isi abon

Untuk yang satu ini, kalian bisa menghilangkan pinggiran luar rotinya. Setelah itu gilas hingga agak tipis, dan letakkan abon kesukaan kalian secukupnya, lalu olesi satu sisi roti dengan campuran mayones dan saus. Gulung roti dengan menekan ujungnya agar tidak lepas. Olesi dengan kocokan telur dan panggang dengan margarin hingga kecokelatan.

5. Sandwich goreng

Hmm terdengar tidak ada bedanya dengan sandwich biasa. Tapi tidak ada salahnya untuk jadi pilihan kan?

Oles roti dengan mentega, lalu tambahkan kornet dan keju slice. Kalian bisa menambahkan sedikit sayur kesukaan kalian. Kocok lepas telur dan masukkan roti yang sudah disusun dengan hati-hati. Setelah itu goreng hingga berwarna kecokelatan.

Itu dia variasi olahan roti tawar yang bisa kalian coba untuk menu sarapan. Tertarik untuk membuatnya? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES