Kuliner

Wedang Cor Mbah As, Pelopor Ikon Minuman Legendaris Khas Jember

Selasa, 01 Maret 2022 - 14:02 | 206.61k
Minuman Wedang Cor yang menjadi ikon minuman khas Kota Jember (Foto: surabaya.tribunnews.com)
Minuman Wedang Cor yang menjadi ikon minuman khas Kota Jember (Foto: surabaya.tribunnews.com)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Indonesia kini masih memasuki musim hujan. Musim hujan identik dengan cuacanya yang dingin dan sendu. Jika sedang musim hujan seperti ini, minuman hangat sangat cocok untuk diminum, misalnya saja: Wedang Cor.  

Wedang Cor adalah minuman asli Jember dan telah menjadi simbol budaya kota kecil itu. Minuman ini hanya bisa ditemui di daerah Jember, Jawa Timur saja. Wedang Cor ini tergolong unik karena bentuknya yang seperti adonan bangunan atau cor-coran tapi dalam versi minuman.

Minuman ini awalnya ditemukan oleh Mbah As beberapa tahun lalu dan menjadi populer hingga saat ini. Bahkan saking populernya, Warung Mbah As ini pernah didatangi artis hingga tokoh politik dan banyak diliput oleh media.

Isi Wedang Cor biasanya berupa ketan hitam/ hijau, susu, jahe ditambah gula dan seduhan air mendidih yang kemudian diaduk menjadi satu. Rasa minuman yang unik dan khas ini dipercaya bisa menghangatkan tubuh.

Warung milik Mbah As adalah pencipta awal minuman Wedang Cor. Tak heran, racikan khas Mbah As membuat banyak masyarakat dan mahasiswa ketagihan dan gemar cangkrukan  di tempat ini. Di warung Mbah As, kalian juga bisa memesan kopi dengan harga super murah. Untuk harganya, satu porsi minuman dibanderol sekitar Rp7.000 dan Rp8.000 saja jika ingin menambah ketan.

Malam hari adalah waktu terbaik untuk cangkruk di warung ini. Tersedia beraneka macam gorengan seperti ote-ote, tempe goreng tepung, dan sebagainya. Warung ini buka dari jam 16.00 sore sampai 24.00 saja. Rasa minuman enak dan hangat dengan harga yang super murah membuat warung ini sangat worth it untuk dikunjungi.

Itulah ulasan singkat tentang Wedang Cor Warung Mbah As, pelopor minuman khas Jember. Jika kalian berkunjung ke Jember, pastikan mencicipi minuman satu ini ya!. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES