Kuliner

Ini Lho 5 Oleh-oleh Khas Majalengka yang Wajib Diborong saat Arus Balik Lebaran

Sabtu, 07 Mei 2022 - 15:02 | 67.68k
Mangga Gedong Gincu. (FOTO: dok TIMES Indonesia)
Mangga Gedong Gincu. (FOTO: dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Musim mudik Lebaran, hampir berakhir. Banyak perantau yang bersiap-siap kembali ke kota atau tanah perantauan. Dan rasanya tak afdol jika saat arus balik lebaran tidak membawa oleh-oleh sepulang libur lebaran dari Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Seperti diketahui, bahwa Majalengka sendiri merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat, yang memiliki beragam wisata dan kuliner lezat. Sehingga Anda dapat menenteng oleh-oleh dari kampung halaman yang akan dibagikan pada teman atau kolega di perantauan.

Berikut ini adalah 5 rekomendasi oleh-oleh khas Majalengka yang wajib anda borong saat arus balik libur lebaran atau Idul Fitri 2022.

1. Kecap Majalengka

Kecap Majalengka ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Selain rasanya yang manis dan gurih, daerah tersebut juga menjadikannya sebagai ikon selain mangga gedong gincu. Dengan banyaknya berbagai merek, kecap ini cukup melegenda hingga saat ini.

2. Mangga Gedong Gincu

Mangga gedong gincu ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Dengan rasanya yang manis segar dan bentuk serta warnanya yang menggemaskan, mangga gedong gincu ini telah menjadi industri di Kabupaten Majalengka.

3. Emping Melinjo

Emping melinjo 100 persen terbuat dari melinjo tanpa campuran apapun dan rasanya renyah, gurih. Produksi emping melinjo mampu menggerakkan ekonomi masyarakat di kawasan ini dan emping masih menjadi primadona industri rumahan.

Selain kuliner lezat, Majalengka juga memiliki beberapa oleh-oleh khas yang wajib jadi buah tangan usai libur lebaran ke kota berjuluk Angin ini.

4. Gula Cakar

Gula Cakar rasanya yang manis, gula ini berbentuk kotak yang ukurannya cukup besar dan berwarna merah muda. Gula ini biasa dihidangkan untuk minuman kopi dan teh.

Selain itu, Gula Cakar juga memiliki rongga yang kasar mirip dengan benda yang terkoyak atau tercakar, dengan pori-pori yang cukup terlihat. Sehingga mudah larut dalam berbagai jenis minuman hangat.

5. Durian Sinapel

Durian Sinapeul menjadi salah satu buah yang sebaiknya tak anda lewatkan bila healing ke Kabupaten Majalengka. Diambil dari nama sebuah dusun di Desa Ujungberung, Kecamatan Sindangwangi, Majalengka, durian sinapeul ini menjadi destinasi paling diburu para wisatawan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES