Kuliner

Robusta Kumbi, Kopi Lokal Lombok Barat dengan Rasa Istimewa

Sabtu, 04 Juni 2022 - 16:45 | 66.83k
Pegiat Robusta kopi kumbi menyajikan dan mengkampanyekan Robusta kopi kumbi yang ditargetkan menjadi ikon kopi Lombok Barat. (Foto: Hery Mahardika/TIMES Indonesia)
Pegiat Robusta kopi kumbi menyajikan dan mengkampanyekan Robusta kopi kumbi yang ditargetkan menjadi ikon kopi Lombok Barat. (Foto: Hery Mahardika/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LOMBOK BARATRobusta Kumbi merupakan kopi lokal Lombok Barat, NTB yang berasal dari Dusun Kumbi, Desa Pakuan, Kecamatan Narmada. Robusta Kumbi ditargetkan menjadi ikon kopi khas Lombok Barat karena memiliki rasa yang istimewa.

"Ini namanya robusta kopi kumbi, kita beri nama sesuai asal kopinya," ujar Penggiat kopi kumbi, Saringgih kepada TIMES Indonesia sebelum acara Sheraton Talk dimulai, Jumat sore (4/6/2022).

Advertisement

Robusta kopi kumbi memiliki rasa pahit lebih terasa. Awal mula Robusta kopi kumbi muncul pada tahun 2019 karena pemerintah daerah Lombok Barat melihat lahan perkebunan ditanami kopi seluas sekitar 100 hektar. Mulai dari situlah, edukasi gerakan kopi dimunculkan, dilakukan pembinaan secara bertahap, dan mulailah melakukan produksi perdana di tahun 2020 sejumlah 80 bungkus.

"Dari perdana itu, kami sampai sekarang terus memproduksi Robusta kopi kumbi dengan menyasar pembeli lokal," ungkap pria yang juga sebagai kepala kewilayahan (kepala dusun) setempat.

Produksi Robusta kopi kumbi masih berukuran 150 gram yang dijual seharga Rp 20 ribu, dan dijual secara bijian. Selain itu, ia juga membuka tiga titik warung kopi sederhana di dusunnya.

"Melalui Sheraton talk, kami berharap peran pemerintah daerah terus membimbing pengembangan Robusta kopi kumbi dengan melibatkan stakeholder terkait," harapnya pada acara Sheraton Talk.

Hadir pula Praktisi Kopi dari Istana Kopi, Doddy. Ia menilai kopi kumbi perlu menjadi pilot project oleh pemerintah daerah Lombok Barat karena kawasan itu memiliki sumber daya alam dan sumberdaya manusia yang sudah tersedia. "Robusta kopi kumbi sangat luar biasa pengembangan, dan perlu menjadi pilot project oleh daerah," katanya.

Robusta-Kumbi-2.jpg

Mengenai rasa kopi kumbi pada dasarnya semua rasa kopi laku dipasarkan, tinggalkan bagaimana bersinergi agar mampu bersaing di pasar nasional, sebab kopi lokal di NTB sangat luar biasa.

"Pasaran kopi cepat laku, semua kopi NTB layak. Kopi NTB sudah bersaing, selera kopi kita bagus asalkan disajikan bagus," imbuhnya.

Direktur Makanan dan Minuman Sheraton Senggigi Beach, Made Sebastian Suanda mengapresiasi dan berterima kasih menjadikan sebagai tuan rumah dalam memperkenalkan kopi lokal Lombok Barat. Potensi yang luar biasa ini bisa dipaketkan dalam membangkitkan promosi pariwisata.

"Kami bisa paketkan untuk berliburan ke kebun kopi untuk para tamu, dan membeli langsung kopi di pegiatnya," ucapnya.

Asisten II Setda Lombok Barat, Rusditah menyampaikan, Robusta kopi kumbi harus terus dipromosikan ke masyarakat dan pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan untuk target pemasaran. "Ketika banyak permintaan, harus tepat waktu dalam menyajikan kemasan kopi kumbi," imbuhnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES