Kuliner

Tips Bakar Sate Enak, Empuk dan Anti Prengus

Minggu, 10 Juli 2022 - 05:15 | 121.53k
Tips bakar sate kambing (FOTO:hipwee.com)
Tips bakar sate kambing (FOTO:hipwee.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTASate menjadi menu andalan saat lebaran kurban. Membuat sate sebenarnya tidak diperlukan kemampuan khusus ya. Namun daging kambing harus diperlakukan khusus agar tidak prengus (bau khas kambing). 

Untuk mendapatkan olahan sate kambing yang enak, disarankan pakai bagian  has dalam, luar iga dan paha atas. Bagian tersebut mempunyai lapisan lemak, sehingga akan lebih empuk dan beraroma lebih sedap.

Advertisement

Sebelum diolah, sebaiknya Anda tidak mencuci daging kambing. Namun disarankan untuk melumuri dengan perasan jeruk nipis. Langkah ini bertujuan meminimalisir baunya. 

Potong danging kambing berlawanan dengan serat. Cara ini akan membuat daging lebih mudah matang, sehingga lebih empuk. Jangan terlalu besar potongannya, supaya daging matang kerata hingga ke dalam. 

Setelah itu, bungkus daging dengan daun papaya agar lebih empuk. Selain itu, Anda dapat membuat bumbu rendaman sate dengan menambahkan potongan nanas ke dalamnya. 

Bumbu rendaman sate terbuat dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar. Tumis semua bahan tersebut hingga wangi dan matang. Tambahkan kecap dan aduk rata. Bumbu rendaman itu dapat ditambahkan nanas. Rendam sate yang siap dibakar.

Bakar sate pada bara yang yang sudah merata. Jangan lupa untuk membolak-balik sate agar mendapatkan matang yang sempurna. 

Sajikan Sate dengan kecap yang dilengkapi dengan potongan bawang merah dan cabai. Selamat mencoba. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES