Kuliner

Sejarah Capcay, Kuliner Ragam Sayur Kaya Nutrisi yang Berasal dari China

Minggu, 24 Juli 2022 - 00:23 | 138.02k
Capcay salah satu hidangan favorit keluarga Indonesia (Foto: happyfresh)
Capcay salah satu hidangan favorit keluarga Indonesia (Foto: happyfresh)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dari namanya saja kita sudah dapat menebak ya, kalau capcay itu berasal dari China. Dalam bahasa Hokkian, Cap artinya sepuluh dan cay artinya sayuran. 

Jadi dahulu capcay berisi 10 macam sayuran yang diolah dengan bumbu rempah yang gurih. 

Advertisement

Dilansir dari RRI, capcay sudah ada sejak masa Dinasti Qing di China. Saat itu, aneka sayuran dimasak bersama dengan jerohan sebagai makanan sehat bagi warga setempat. 

Namun sumber lain menyebutkan, capcay merupakan olahan makanan sisa yang dibuat oleh koki kerajaan. "Di zaman dinasti, raja tidak mau makan makanan sisa, namun daripada dibuang koki berinisiatif mencampurkan aneka sayuran itu menjadi masakan baru," terang pakar kuliner pernakan China, Aji Bromokusumo seperti dikutip dari Kompas.

Capcay-1.jpgFoto: dapurmami

Selanjutnya, capcay dikenalkan di Indonesia oleh imigran. Masih menurut Aji, para imigran yang tiba di Indonesia memasak capcay karena negeri ini kaya sayuran. Selain itu, bagi imigran, daging di Indonesia masih terlalu mahal. 

Kini, capcay menjadi salah satu hidangan keluarga Indonesia. Makanan ini dinilai sehat kaya gizi karena mengandung beragam sayuran yang dimasak dengan cara ditumis. Capcay juga dapat ditambahkan protein dari udang, cumi-cumi, bakso hingga sosis. Variannya pun beragam, ada capcay kuah, capcay kering, capcay merah, dan capcay original. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES