Kuliner

Sujeonggwa Minuman Jahe Asal Korea, Bisa untuk Jaga Imun Tubuh

Kamis, 25 Agustus 2022 - 15:59 | 110.84k
Sujeonggwa. (kimchimari.com)
Sujeonggwa. (kimchimari.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jahe merupakan salah satu tamanan herbal yang kerap dijadikan bahan campuran makanan dan minuman termasuk jamu. Minuman berbahan jahe juga ada di Korea, namanya Sujeonggwa

Dikutip dari buku Songguksesigi, minuman ini sudah ada sejak 1849. Biasanya sujeonggwa disajikan pada hari istimewa, atau saat perayaan tahun baru. 

Sujeoggwa banyak disarankan para tabib jaman itu untuk meredakan flu. Itu karena bahan utama jahe yang digunakan, memang mengandung anti bakteri sekaligus mengahatkan badan. 

Tak hanya jahe, minuman ini juga terdapat berbagai macam bahan lainnya. Seperti kayu manis, lada, kesemek kering, dan pine nuts. Oiya, kesemek kering dan pine nuts bisa Anda dapatkan di supermarket besar ya. 

Sedangkan untuk pemanisnya dapat dipakai gula aren atau madu. Jika ingin lebih mudah, gula pasir juga nggak masalah. 

Cara membuatnya pun sangat mudah. Jahe cukup digeprek, potong kesemek kering.

Didihkan air, lalu masukkan jahe, kayu manis, lada. Rebus selama beberapa menit ya. 

Lalu saring rebusan rempah tadi. Selanjutnya masukkan buah kesemek kering dan diamkan hingga kesemek menjadi lunak. Biasanya akan memakan waktu yang lama, bisa sampai beberapa jam. Sambil menunggu, jangan lupa ditutup ya, tentunya setelah uapnya hilang. 

Hasilnya minuman ini berwarna merah kecokelatan dan sedikit mengental. Saat penyajian, tambahkan gula aren atau madu. Sentuhan terakhir, tambahkan pine nuts sebagai topping. 

Sujeonggwa, minuman jahe asal Korea ini biasa disajikan dalam suhu ruang, alias tidak panas maupun tidka ditambahkan es batu. Aroma dari buah kesemek berpadu dengan jahe serta kayu manis dapat membuat Anda segar kembali. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES