Kuliner

Mendunia! Kenali 3 Kuliner Indonesia yang Masuk Jajaran 50 Sup Terenak di Dunia 

Sabtu, 03 September 2022 - 02:16 | 52.26k
Mendunia! Kenali 3 Kuliner Indonesia yang Masuk Jajaran 50 Sup Terenak di Dunia 
Rawon, urutan ke 8 sebagai sup terenak di dunia (Foto: Fimela)

TIMESINDONESIA, MALANG – Makanan adalah salah satu kebutuhan wajib bagi seluruh umat di dunia. Tak heran, banyak orang yang memilih dan memilah mana kuliner yang ingin dimakannya dari segi rasanya.

Beberapa waktu lalu, Taste Atlas merilis dan melakukan pembaharuan 50 sup yang dinilai enak dari seluruh dunia. Banyak pertimbangan yang dilakukan oleh website tersebut sebelum menentukan dan menemukan hasil akhir dari temuan ini

Taste Atlas sebagai ensiklopedia rasa dari bermacam-macam hidangan baik tradisional, berbahan lokal, ataupun restoran yang otentik dari seluruh dunia ini menempatkan beberapa kuliner Indonesia ke dalam jajaran kategori sup terenak tersebut, antara lain:

1. Rawon

Rawon-293811369a5573b30.jpg

Kuliner satu ini mendapatkan nilai nilai yang cukup tinggi, yaitu 4.7 dari 5.0 dan menempati urutan ke 8 setelah Sinigang asal Filipina dan Mercimek çorbası asal Turki. Makanan asal Jawa Timur ini terbuat dari olahan daging yang Sapi yang telah direbus bersamaan dengan bahan tradisional lainnya seperti Jahe, Serai, Jeruk, Cabai, dan pastinya tak ketinggalan Kluwek.

Selain dengan nasi putih, penyajian Rawon juga telah berkembang dan tak hanya disajikan dengan kuah dan daging saja. Dilansir dari Kompas, makanan pelengkap seperti telur asin, mendol tempe, perkedel kentang, tempe goreng, empal, jeroan goreng, dan kerupuk udang tempa juga tak jarang disajikan di beberapa kedai.

2. Gulai

Gulai.jpgGulai Kepala Ikan, salah satu jenis dari olahan Gulai (Foto: Askcaraa)

Hidangan pedas asal Sumatera, Indonesia ini cenderung memiliki rebusan atau kuah yang kental. Tak heran juga masyarakat sering kali terkecoh dan mengira kuliner  ini adalah Kari. Gulai berada di posisi 25 sebagai sup terenak di dunia setelah Bulalô dari Filipina dan Hakata ramen dari Jepang dengan penilaian 4.5 dari 5.0

Makanan yang identik dijajakan di Rumah Masakan Padang ini nyatanya memiliki banyak jenis yang beberapa orang belum mengetahuinya. Dilansir dari Kumparan, beberapa jenis Gulai diantaranya adalah Gulai Ayam, Gulai Cubadak, Gulai Belacan, Gulai Tunjang, Gulai Kepala Ikan, Gulai Pakis, Gulai Cempedak, dan Gajeboh.

3. Soto

Soto.jpgSoto Kudus, salah satu hidangan asli Indonesia yang mendunia (Foto: MAHI)

Soto masuk ke dalam jajaran 50 sup terenak di dunia dan menempati urutan ke 43. Dengan penilaian 4.4 diatas Šaltibarščiai dan Pasulj dari Serbia yang juga masuk dalam jajaran sup terenak di dunia tersebut. Belum diketahui pasti dari daerah mana di Indonesia asal kuliner unik satu ini. namun, tak banyak masyarakat yang mempercayai makanan ini berasal dari Pulau Jawa.

Sup yang biasanya berwarna cerah ini juga memiliki beberapa jenisnya, sama seperti Gulai. Uniknya, tiap daerah di Indonesia memiliki versi Soto dengan berbeda-beda, seperti Soto Betawi, Soto Kudus, Soto Lamongan, dan masih banyak lainnya. Sebagai pelengkap dan menjadi karbohidratnya, Lontong, Nasi, ataupun Ketupat kadangkala disajikan bersamaan.

Daya tarik Indonesia di kancah dunia, nyatanya juga dapat dilakukan melalui promosi kuliner. Untuk itu, mari kita jaga dan tingkatkan potensi kuliner Indonesia agar lebih mendunia dan dikenal khalayak umum, terutama beberapa makanan yang masuk kedalam kategori sup terenak di dunia.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES