Kuliner

Rumah Makan Sate Nikmat, Kuliner Legendaris di Kota Banjar

Senin, 12 Desember 2022 - 22:23 | 78.87k
Penampakan Rumah Makan Sate Nikmat yang menjadi salah satu rumah makan legendaris di Kota Banjar. (FOTO: Purnama/Istimewa)
Penampakan Rumah Makan Sate Nikmat yang menjadi salah satu rumah makan legendaris di Kota Banjar. (FOTO: Purnama/Istimewa)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Sebagai kota persinggahan, Kota Banjar, Jawa Barat memiliki pesona kuliner lezat yang eksistensinya hingga kini masih bertahan. Salah satu jujugan kuliner Kota Banjar adalah Rumah Makan Sate Nikmat. Rumah makan ini terletak di Kawasan Parungsari Kelurahan Karangpanimbal Kecamatan Purwaharja Kora Banjar.

Rumah Makan Sate Nikmat ini dilalui oleh pengendara menuju Jawa Tengah lewat jalur selatan. Lokasinya hanya beberapa meter dari SPBU Parungsari yang sama-sama legendaris karena sudah ada sejak Banjar belum menjadi kota. 

Sesuai namanya, Rumah Makan Sate Nikmat ini menyuguhkan menu makanan sate ayam, sapi, dan kambing yang lezat dan tak pernah surut dari pembeli. 

Selain sate, menu andalan di Warung Sate Nikmat adalah gulai kambing dan gulai sapi yang rasanya begitu lezat. Apalagi ditambah dengan kerupuk atau makanan pendamping lainnya yang disajikan di setiap meja pengunjung. 

Selain aromanya yang menggoda, daging berukuran besar dalam setiap tusukannya begitu menggugah selera makan pengunjung Rumah Makan Sate Nikmat.

Rumah Makan Sate Nikmat ini dikenal bahkan oleh para pelancong dari luar kota yang sempat singgah di Kota Banjar pada era Banjar masih menjadi Kota Transit. 

"Saya pernah mampir di Banjar, makan di Rumah Makan Sate Nikmat, itu enak banget satenya," ungkap Ujang (65).

Sebenarnya bukan hanya Ujang, disebutnya Rumah Makan Sate Nikmat yang legendaris tersebut sering terlontar dari beberapa orang yang pernah singgah di Kota Banjar. 

Bahkan, ada pengakuan dari Toni, warga Surabaya yang tidak tahu dimana itu Kota Banjar namun begitu dia bercerita pernah makan enak di Rumah Makan Sate Nikmat sewaktu melakukan perjalanan dari Jawa Tengah ke Bandung dengan kendaraan pribadinya. 

"Ternyata itu di Kota Banjar ya, saya masih ingat waktu itu makan di sana antriannya minta ampun tapi terbayarkan setelah mencoba satenya yang betul-betul nikmat. Saya tahunya itu Ciamis ya waktu dulu," ujarnya.

Kendati pembelinya tak sepadat dulu, Rumah Makan Sate Nikmat ini masih bertahan hingga saat ini sebagai salah satu rumah makan legendaris yang pernah berjaya pada masanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES