Kuliner

Cilok Kuah Asli Bandung, Banyak Dinikmati Pecinta Kuliner di Indramayu

Minggu, 18 Desember 2022 - 08:22 | 157.39k
Kuliner Cilok Kuah makin disukai warga Indramayu Jawa Barat. (Foto: Selamet Hidayat/TIMES Indonesia)
Kuliner Cilok Kuah makin disukai warga Indramayu Jawa Barat. (Foto: Selamet Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYUCilok Kuah makanan asli Bandung Jawa Barat ini, makin diminati oleh pecinta kuliner di Indramayu. Salah satu gerai cilok kuah yang selalu ramai diserbu pengunjung adalah gerai cilok Kuah Mba Elly yang ada di Jalan Cimanuk Barat Dermayu Sindang Indramayu. 

Dengan isian dan toping melimpah dan citra rasa yang segar dan gurih, gerai ini selalu ramai dikunjungi apalagi di siang hari. Cilok kuah cocok di makan saat siang hari bersama keluarga dan sahabat. Kedai cilok kuah ini buka dari Senin sampai Sabtu mulai jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Satu porsi cilok kuah segar dan masih panas hanya dibanderol dengan harga Rp11 ribu rupiah saja. Dengan harga tersebut pembeli sudah menikmati berbagai isian cilok. Diantaranya cilok isi sosis, cilok isi ayam, cilok isi telor puyuh, dan cilok isi keju. 

Ditambah lagi toping yang melimpah bikin perut kenyang sehabis memakannya. Pembeli bisa memilih sendiri jenis toping apa saja yang diinginkan ada telur puyuh, sosis ayam, keju, cuanki, tahu kering, tulang ayam hingga ceker. 

Menurut pemilik warung cilok kuah, Elly, warung cilok kuah miliknya sehari bisa menghabiskan 8 atau 10 kilo aci dan terigu untuk membuat Cilok sebagai bahan dasarnya. 

Kuliner-Cilok-Kuah-b.jpg

"Alhamdulillah, untuk bahan baku setiap harinya menghabiskan 8 atau 10 kilo aci dan terigu, dan pendapatan sehari hari bisa mencapai Rp3 juta rupiah," ujar Elly kepada TIMES Indonesia, Sabtu (17/12/2022). 

Lebih lanjut, Elly menambahkan rahasia dari warung cilok kuah miliknya terletak pada rasa kuahnya yang segar apalagi ditambah perasan jeruk nipis yang makin melengkapi kesegaran cilok kuah. 

"Untuk pelanggan di sini suka rasa kuahnya yang khas, makanya pelanggan lebih suka beli sama saya, di samping enak harganya juga paling murah," terangnya. 

Awal mulai merintis usaha cilok kuah dimulai sejak lima tahun terakhir. Dua tahun pertama berjualan hanya dari rumah saja, kemudian pindah di gerai ini sampai sekarang. 

Sementara itu Lisna salah satu pelanggan cilok kuah asal Arahan mengatakan sangat menikmati satu porsi cilok kuah ditambah toping tulang ayam dan sosisnya. 

"Segar banget makan cilok kuah saat sing hari, rasa dan kuahnya bikin nagih, saya akan rekomendasi kepada teman teman agar mereka juga bisa menikmati cilok kuah seenak ini," ujarnya. 

Bahan dasar pembuatan cilok kuah sendiri adalah tepung aci dan terigu di buat adonan lalu di bikin bulatan seperti Cilok dan ditambahkan isinya berupa telor puyuh atau yang lainnya kemudian di kukus hingga matang. 

Lalu siapakan toping mendamping cilok kuah diantaranya Telur puyuh, Sosis Ayam, Keju, Cuanki, tahu kering, tulang ayam dan ceker, ditambah taburan pilus rasa kencur dan potongan ketimun dan jeruk nipis. 

Untuk campuran kuahnya sendiri hanya mengunakan air dan bumbu penyedap, lada dan bawang putih lalu dimasak sampai mendidih. 

Cara penyajian cilok kuah siapkan wadah berupa mangkok, kemudian masuk bumbu penyedap ke dalam mangkok, masukan cilok dan toping yang diinginkan kemudian siram dengan kuah, jangan lupa tambahan ketimun dan jeruk peras, bila perlu tambahkan sambal sesuai selera, dan cilok kuah sudah siap dinikmati. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES