Kuliner

Ini 5 Kuliner Majalengka Paling Diburu Wisatawan

Sabtu, 24 Desember 2022 - 13:02 | 226.75k
Nasi Liweut Majalengka. (FOTO: dok TIMES Indonesia)
Nasi Liweut Majalengka. (FOTO: dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKAKabupaten Majalengka menjadi salah satu destinasi liburan paling favorit di Jawa Barat. Selain karena memiliki suasana alam yang begitu sejuk, kuliner Majalengka juga begitu dicintai karena banyaknya tempat makan enak yang menarik untuk dicoba.

Jadi sembari berlibur Natal dan Tahun Baru 2022/2023 (Nataru). Anda bisa sekaligus berwisata kuliner. Mulai dari nasi liwet hingga ikan gurame semuanya dapat Anda cicipi di Kabupaten Majalengka.

Nah, bagi yang berencana berlibur ke Kota Angin dalam waktu dekat, TIMES Indonesia memberikan rekomendasinya.

Berikut ini daftar rekomendasi kuliner Majalengka untuk Anda:

1. Nasi Liweut

Nasi Liweut yang merupakan makanan khas Sunda ini, bisa bikin istimewa di lidah. Terlebih dilengkapi dengan lauk pauk, tahu-tempe goreng, jengkol, ikan asin, lalap dan sambal.

Menu paket nasi liweut yang satu ini bisa didapatkan di salah satu tempat wisata kuliner yang cukup terkenal di Kabupaten Majalengka. Yakni, rumah makan Saung Eurih. Sehingga tak aneh, jika rumah makan yang satu ini banyak diserbu pengunjung.

Nasi liwet ala Saung Eurih ini bisa dinikmati oleh empat orang. Selain itu, juga tersedia beraneka ragam minuman dan bermacam menu lainnya. Sehingga ini bisa menjadi alternatif bagi pencinta kuliner dan mengisi waktu bersama orang-orang tercinta.

2. Sate Kambing dan Ayam

Kuliner-Majalengka-b.jpgSate kambing dan ayam. (FOTO: pegi pegi)

Sate kambing dan ayam yang ada di Kabupaten Majalengka ini punya rasa yang tak terlupakan. Rasa sate yang bikin lidah bergoyang ini, bisa anda nikmati di Sate Uyi yang terletak dekat Komplek Perumahan Sindangkasih, Kecamatan/Kabupaten Majalengka.

Pengunjungnya perhari rata-rata ratusan orang, yang datang biasanya rombongan dengan membawa mobil dan motor. Menu andalannya, selain sate kambing dan ayam, juga tersedia oseng kepala kambing, oseng ampas kedelai hitam atau oseng ampas kecap.

Selain Sate Uyi, yang banyak dikunjungi wisatawan. Yaitu Warung Sate Beber H Nana yang berada di kawasan segitiga emas yang menghubungkan antara Kabupaten Majalengka dengan Kuningan dan Ciamis.

Sajian di Warung Sate Beber H Nana yang terletak di Kecamatan Cikijing ini juga cukup beragam. Selain beraneka ragam sate yang menjadi favorit dan bikin lidah bergoyang, hidangan lainnya juga tentu tak kalah nikmat.

Pilihan tempat duduknya juga beragam lho, mau duduk di kursi atau piknik lesehan di gazebo juga bisa. Dijamin, pengunjung akan betah nongkrong disini. Apalagi sambil ngopi dengan ditemani pemandangan super cantik sehingga menambah kian romantis.

3. Ikan Gurame dan Seafood

Kuliner-Majalengka.jpg Ikan gurame. (FOTO: selerarasa)

Ikan gurame dan seafood paling banyak dicari wisatawan saat healing ke Kota Angin. Karena, ikan gurami Majalengka ini punya rasa tersendiri berbeda dengan daerah atau kota lainnya.

Sehingga tak asing lagi, jika Ikan Gurame ini menjadi menu andalan di sejumlah rumah makan di Kabupaten Majalengka. Diantaranya, seperti di RM Sawah Aki, Rumah Makan Nera, RM Djaja, RM Euis dan di sejumlah rumah makan lainnya yang ada di Majalengka.

4. Nasi Lengko

Nasi Lengko juga termasuk salah satu kuliner yang banyak diburu wisatawan saat menginjakan kaki di Bumi Sindangkasih. Nasi Lengko merupakan perpaduan nasi dengan berbagai lauk pauk yang sangat bergizi.

Biasanya Nasi Lengko ini dijadikan sebagai menu para wisatawan untuk sarapan atau makan siang. Karena selain harganya yang cukup terjangkau, Nasi Lengko ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang amat menggugah selera.

Sementara itu, warung yang menjajakan Nasi Lengko yang cukup terkenal di Kabupaten Majalengka ini, berada di pusat kota yaitu di sekitar kawasan stadion Warung Jambu, Kabupaten Majalengka.

5. Jalakotek

Jalakotek menjadi salah satu makanan khas di Majalengka. Bentuknya hampir mirip dengan pastel, hanya saja dibuat dari aci, sehingga teksturnya lebih kenyal. Isian yang digunakan bervariasi. Akan tetapi yang paling umum yaitu ayam dan tahu.

Biasanya kuliner cemilan yang satu ini seringkali diburu wisatawan di area Alun-alun Majalengka, GGM Majalengka dan Taman Raharja.

Nah, bagi anda yang baru menginjakan kaki di Kabupaten Majalengka, jalakotek ini tidak boleh ketinggalan untuk dicoba, karena dikenal sebagai makanan khas yang kental akan cita rasa khas kuliner Majalengka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES