Kuliner

Cita Rasa Khas Pecel Semanggi Membawa Kenangan Jaman Dulu

Senin, 26 Desember 2022 - 03:31 | 169.33k
Wujud Pecel Semanggi khas Kota Surabaya. (Foto: Webdisplay)
Wujud Pecel Semanggi khas Kota Surabaya. (Foto: Webdisplay)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salad yang dikenal sebagai makanan modern rupanya memiliki bentuk tradisional juga lho di Indonesia. Nah salah satunya yakni Pecel Semanggi. Makanan ini merupakan salah satu salad lokal yang sudah ada sejak jaman dulu.

Salad merupakan makanan berupa potongan buah atau sayur yang dihidangkan dengan saus. Saus-saus tersebut berbeda pada tiap daerah. Beberapa ada yang menggunakan saus mayonaise, saus tomat, ataupun saus kacang, dan  atau sambal pecel. 

Meskipun tak sepopuler makanan berjudul pecel lainnya, Pecel Semanngi memiliki rasa yang khas. warga lokal umumnya menyukai rasa unik dari perpaduan pecel dan daun semanggi tersebut. Nah, kamu juga wajib mencobanya lho. 

Alasan Kenapa Wajib Mencoba Pecel Semanggi

Hidangan ini merupakan makanan khas masyarakat lokal sehari-hari. Dengan menyantap makanan ini anda dapat merasakan bagaimana penduduk setempat menikmati kearifan lokal.

Pecel Semanggi juga akan memberikan anda cita rasa yang belum anda dapatkan di daerah anda. Hal ini tentunya akan memberikan pengakaman tersendiri menikmati makanan lokal yang  belum anda rasakan sebelumnya. 

Dapat bercengkrama dengan penduduk lokal dan penjaja makanan ini di pinggir jalan dapat menjadi salah satu alasan anda mencoba masakan ini. Mereka akan memberikan senyum termanis serta keramahtamahan khas kota Surabaya. 

Mereka mungkin saja akan berbagi cerita masa kecil saat menikmati masakan ini bersama keluarga saat masih kanak-kanak. Bagaimana orang tua mereka membawa merka ke pasar untuk makan Pecel Semnaggi atau saat ibu mereka memasak makanan tersebut untuk sarapan sebelum sekolah. 

Cara Membuat Pecel Semanggi dari Nol

Semanggi awalnya merupakan tumbuhan liar yang mudah ditemukan di rawa-rawa, sungai kecil atau sawah. Awalnya penduduk mendapatkan tanaman ini dengan cara mencarinya di tempat-tempat tersebut. setelah itu baru mereka memasaknya di rumah. 

Sejalan dengan perkembangan modern yakni menipisnya rawa-rawa dan lahan persawhaan serta meningkatnya permintaan Semanggi, kini banyak penduduk yang menanam tanaman ini di kebun mereka. Bahkan tanaman ini juga bisa didapatkan di toko-toko sayur atau pasar tradisional terdekat.

Untuk membuat pecel semanggi cukup mudah. Alasannda hanya perlu eyiapkan sambal pecel yang ditambahkan dengan udang kering goreng dan kentang tumbuk. Kemudian bersihkan semanggi dan rebus selama beberapa menit.

Anda juga bisa menambahkan irisan kacang panjang atau kecambah tauge yang sudah direbus sebagai campuran. berbagai sayuran ditata dan dimasukkan ke dalam bungkus daun pisang yang biasa disebut dengan "pincuk" untuk kemudian disiram kuah peceh. 

Meski rasa sayurnya pahit, Pecel Semanggi tetap menyisakan cita rasa khas lokal di lidah. Sebagai informasi, masyarakat Surabaya akan menambahkan kentang tumbuk dan udang kering ke dalam bumbu kacang dan kerupuk sebagai bumbunya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES