Kuliner

6 Jenis Ikan yang Cocok untuk Dibakar saat Malam Tahun Baru

Jumat, 30 Desember 2022 - 02:22 | 556.05k
Ikan bakar bikin seru malam tahun baru (FOTO: travel.kompas.com)
Ikan bakar bikin seru malam tahun baru (FOTO: travel.kompas.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak cara yang dapat dilakukan saat malam tahun baru, salah satunya bakar ikan. Dengan bebakaran, suasana akan lebih hangat dengan rasa kekeluargaan, baik itu dengan keluarga sesungguhnya, maupun dengan kawan-kawan terdekat. 

Namun jangan salah, ternyata nggak semua ikan cocok untuk dibakar lho. Biar malam tahun baru Anda makin seru dengan hidangan istimewa ikan bakar, yuk ketahui dulu jenis ikan apa saja yang cocok untuk diolah. 

Ikan tongkol

Ikan laut ini punya daing yang tebal dan tidak lembek. Karena teksturnya yang padat itulah, ikan tongkol cocok untuk dibakar. 

Ikan tuna

Ikan tuna masih satu keluarga dengan tongkol. Ikan ini sangat enak untuk dibakar, karena dagingnya yang tebal. Agar matang sempurna Anda bisa memilih baby tuna. Atau jika tak mendapatkan baby tuna, ikan tuna bisa dipotong-potong menjadi beberapa bagian. 

Ikan kakap merah

Ikan ini punya tekstur daging yang lembut damun kesat, jadi nggak mudah hancur saat dibakar. 

Ikan kerapu

Ikan kerapu juga merupakan ikan laut yang cocok untuk bebakaran. Ikan ini juga lembut dengan rasa gurih yang alami. 

Ikan gurame

Gurame salah satu ikan favorit untuk dibakar. Ikan air tawar ini punya tekstur daging yang lembut. 

Ikan lele

Lele juga salah satu jenis ikan yang cocok untuk dibakar. Bentuknya yang kecil memanjang membuat ikan lele bisa lekas matang. 

Tips mengolah ikan bakar

Sebelum mengolah ikan bakar, pastikan Anda membersihkan ikan dengan benar. Buang insangnya, dan jangan lupa disisik kulitnya. 

Lalu marinasi ikan dengan jeruk nipis agar bau amisnya tidak terlalu menyengat. Setelahnya dapat dibilas kembali dengan air mengalir lalu dioles dengan minyak goreng. Hal ini bertujuan agar ikan tidak lengket saat dibakar nanti. 

Gunakan tungku atau capitan pemanggang yang bersih. Pastikan tungku pembakaran sudah benar-benar panas, dan dioles minyak goreng supaya tidak lengket. 

Bakar ikan yang tekah dioles minyak goreng. Setelah 3 menitan, oleskan bumbu. Anda dapat mengolesnya beberapa kali untuk memastikan bumbu benar-benar meresap.

Jaga arang agar tetap membara dengan cara dikipas, sehingga ikan bakar dapat matang dengan sempurna. Yuk siapkan keseruan malam tahun baru dengan bakar ikan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES