Kuliner

Samantha Bowlin Bagikan Ribuan Porsi Bakso Ciksam Gratis

Sabtu, 07 Januari 2023 - 00:23 | 95.73k
Antrean pengunjung saat promo makan gratis di Bakso Ciksam, Jalan Ambengan, Surabaya, Jumat (6/1/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Antrean pengunjung saat promo makan gratis di Bakso Ciksam, Jalan Ambengan, Surabaya, Jumat (6/1/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Influencer Samantha Bowlin memulai 2023 dengan membuat gebrakan promo gila. Bagaimana tidak, ia berani membagikan ribuan mangkok Bakso Ciksam gratis bagi warga Surabaya selama enam hari. 

Bakso Ciksam merupakan salah satu lini usaha milik Samantha. Ia membuka resto ini sejak pertengahan tahun 2022 lalu. Rasa bakso lezat dan kuah nikmat menarik ratusan konsumen untuk kembali lagi. 

Maka, sebagai bentuk rasa syukur atas kesuksesan usaha kuliner pertamanan, tak tanggung-tanggung Samantha mewujudkan ide yang ia sebut sebuah keisengan tersebut. 

Samantha membagikan makanan gratis tersebut selama 6 hari sejak 1-6 Januari 2023 mulai pukul 09.00 pagi hingga 18.00 sore. Tak hanya paket semangkuk bakso saja, Samantha juga menyiapkan banyak minuman pilihan serta cemilan yang dijual di resto kecilnya di Kawasan Jalan Ambengan Surabaya.

Menurut womanpreneur tersebut, aksi ini merupakan salah satu cara agar seluruh warga Surabaya dapat menikmati bakso dan menyambut tahun baru dengan penuh suka cita. Kontan saja, promo bakso gratis mendapat sambutan luar biasa bahkan di luar prediksi Samantha. 

“Ya ini kan sudah 2023, dan Bakso Ciksam sudah berjalan meski usianya masih seumur jagung tapi kita tebar kebaikan, beranikan diri memberi berkat, berkah kepada semua masyarakat Surabaya tanpa melihat atau memandang dari ras, suku,agama semua bisa menikmati Bakso Ciksam,” kata Samantha yang aktif dalam kegiatan sosial tersebut, Jumat (6/1/2023). 

Sebagai owner, uniknya Samantha mengaku jika sepaket bakso yang diberikan langsung dilayaninya sendiri. Walaupun rumah makan ini buka pada September 2022.

Bakso Ciksam tetap konsisten menyajikan makanan gratis setiap harinya. Samantha mengaku tak takut rugi. 

Sepaket bakso gratis in disajikan pada saat waktu makan siang dan boleh dinikmati oleh siapa saja yang membutuhkan untuk makan. Karena banyak peminat makan bakso gratis, Samantha harus rela membagi dua waktu yang berbeda.

“Iya ini luar biasa antusias warga Surabaya suka makan bakso ternyata, bakso kita juga sangat friendly untuk balita karena no msg, dan yang penting halal. Iya saking ramainya ada 2 kloter atau 2 sesi, sesi jam 10-12 siang terus lanjut jam 2 siang sampai 4 sore, selama persediaan masih ada, 1 hari 200 kalau dikali 6 hari 1200-an mangkok,” ucapnya. 

Selama promo makan gratis ini berlangsung antusias warga Surabaya sangat pecah dan ramai, bahkan sampai ada yang rela antri demi mendapatkan semangkok atau sepaket Bakso Ciksam. 

Mereka ada yang datang sendiri, bersama teman,sahabat bahkan keluarga. Kegiatan sosial bukan semata mata pertama dilakukan oleh Samantha, dengan banyak sahabat sosialtia, womenprenuer dan influencer juga sering mengadakan acara berbagi. 

Target Omzet Rp50 Juta 

Bakso-Ciksam-Gratis-b.jpgSamantha Bowlin berfoto bersama pelanggan Bakso Ciksam, Jumat (6/1/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

Bakso Ciksam merupakan bisnis kuliner perdana bagi Samantha setelah sukses mengembangkan usaha skincare. Namun siapa sangka, jika ia mendapat ilham jualan bakso secara tiba-tiba pada September lalu. 

"Nggak sengaja sebenarnya iseng karena setelah pandemi ini kita harus kerja apa? Aku kebiasaan kalau ketemu teman bahasnya kerjaan," ucap Samantha sambil tertawa renyah. 

Setelah berpikir panjang selama dua hari, ia ingin menjajal dunia kuliner namun harus menu favorit semua orang.

"Saya juga sering berdoa kayak minta petunjuk gitu, akhirnya tiba-tiba waktu di Gresik kayak ada yang ngomong, eh..buka bakso aja," kenangnya.

Ilham itu langsung ia sambut. Karena kebetulan Samantha kerap membuatkan kuah kaldu sapi untuk putri kecilnya sejak usia enam bulan sampai sekarang.

"Baksonya juga sering buatin anakku waktu kecil," tandas perempuan yang kerap mengonsumsi makanan sehat ini.

Samantha mengaku jika kebiasaan memasak itu ia mulai sejak 2020 lalu. Akhirnya terealisasikan menjadi sebuah usaha Bakso Cik Sam. Untuk proses produksi ia lakukan di rumah.

Samantha memulai jualan bakso dalam lima bulan terakhir secara online. Tak disangka, peminatnya cukup banyak.

"Dalam sehari habis 100-150 porsi bahkan sampai 300 porsi sampai dulu itu keteteran banget," kata Samantha. 

Wanita 30 tahun ini meracik sendiri semua bahan dan bumbu. Termasuk monitoring kualitas rasa. Sehingga ia merasa percaya diri untuk membuka outlet pertama.

Kendati demikian, ia juga tak menampik jika pada awalnya menghadapi tantangan secara teknis. Karena ia juga harus memastikan stockist bahan-bahan serta menyerap ilmu manajemen pengelolaan outlet kuliner.

"Karena saya kan dari nol, dunia food and beverage baru sekarang," ujarnya.

Samantha tak menyerah. Ia langsung meracik resep otentik bakso. Aroma kaldu lezat sudah terasa saat memasuki outlet.

Ada bakso halus, bakso jumbo, bakso kotak, bakso tahu, siomay, dan aneka varian mi keriting maupun bihun. Harga bakso mulai dari Rp9000 porsi standar isi enam pentol sampai Rp30.000 untuk porsi lengkap.

Konsumen juga bisa menambah bawang goreng atau daun bawang secara self service alias ambil sendiri. Juga ada tambahan pilihan pilus dan lontong.

"Tempatnya bersih, rasanya enak harganya murah dan pasti aku sendiri yang bikin," ujarnya berpromosi.

Samantha juga optimistis usaha itu akan semakin berkembang. Pasalnya, ia juga telah menyiapkan dua outlet lagi di Jalan Progo dan Jalan Mayjend Sungkono.

Samantha kini memiliki delapan karyawan. Termasuk bagian pemasaran online dan fotografer agar gambar baksonya semakin memikat konsumen.

Karena Samantha juga mempromosikan Bakso Cik Sam di Live TikTok  dan Instagram. Ia menargetkan mampu menjual 1000 porsi per hari. Samantha sendiri memiliki ratusan ribu followers di Instagram.

"Targetnya yang pasti bisa 1000 mangkok per hari," kata Samantha.

Selain bakso, Cik Sam juga memiliki minuman kekinian andalan bernama Es Pencitraan. Terdiri dari sirup melon, susu, nata de coco, selasih dan jelly. Rasanya sangat segar serta unik. 

Selain membuka gerai dine in (makan di tempat), Samantha juga tetap mengembangkan market online lewat produk frozen. 

Samantha menjelaskan, selama ini penjualan produk frozen Bakso Ciksam telah menyasar market Jakarta, Tangerang Malang, Madiun hingga Bali. 

"Kita selalu fresh. Kuah bakso kita vacuum baru kita kirim," kata Samantha. 

Saat ini perkembangan pasar frozen masih mendapat sambutan tinggi dari konsumen. Namun, dengan adanya resto dine in, otomatis mampu menambah angka pelanggan. 

"Dari hari ke hari orang ngertinya aku si tukang bakso," ujarnya berkelakar. 

Tanggapan maupun review masyarakat di media sosial disebut cukup bagus. Rata-rata per hari mampu menjual hingga 200 porsi. Itu untuk hari biasa. Berbeda jika ada pesanan untuk event tertentu bisa sampai 500 porsi. 

"Target omzet sebulan tahun ini Rp50 juta ke atas," ujar Samantha Bowlin optimistis.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES