Kuliner

Pilihan Kuliner Malam di Magelang, Rekomendasi untuk Si Tukang Ngalong

Sabtu, 14 Januari 2023 - 03:29 | 283.47k
Kupat Tahu Pak Slamet. (kemenparekraf)
Kupat Tahu Pak Slamet. (kemenparekraf)

TIMESINDONESIA, MAGELANG – Dalam hal pariwisata, Magelang kondang dengan Candi Borobudurnya. Keindahannya dan nilai sejarahnya memang tidak bisa ditampik.

Karena itulah, setiap musim liburan selalu padat oleh wisatawan. Tidak hanya candi, Magelang sudah diakses dengan baik. Bisa pilih travel, bus Damri, delman, becak, sampai dengan bus pariwisata.

Jika berencana naik bus, kamu bisa pesan tiket bus online di Traveloka. Selain Candi Borobudur dan transportasi memadai, Magelang juga menyuguhkan banyak kuliner malam yang menggoyang lidah. Cocok sekali direkomendasikan bagi Anda yang gemar ngalong alias orang yang cenderung aktif di malam hari. Berikut list rekomendasinya.

Kupat Tahu Pak Slamet

Kupat-Tahu-Pak-Slamet-2.jpgAlamat: Jl. Tentara Pelajar No.8, RT.02/RW.01, Cacaban, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang.

Kupat tahu merupakan salah satu kuliner khas Magelang yang perlu dicicipi saat jalan-jalan ke wilayah dengan julukan sebagai Kota Sejuta Bunga ini. Salah satu tempat yang buka sampai malam hari adalah Kupat Tahu Pak Slamet. Tempat ini sudah legendaris karena telah beroperasi sejak tahun 1970-an. Resepnya juga masih otentik.

Dalam satu porsi kupat tahu, biasanya akan ada irisan kupat, bakwan, tauge rebus, irisan kol, irisan seledri, bawang goreng, dan tak lupa kuah kacang. Citarasanya perpaduan manis dan gurih yang nagih. Tempatnya cukup sederhana, buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 22.00 WIB. Meski begitu, pelanggannya hilir mudik seakan tidak ada hentinya.

Kupat Tahu Pojok

Kupat-Tahu-Pojok.jpgAlamat: Jl. Tentara Pelajar Kios No.14, Cacaban, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang

Selain Pak Slamet, Anda juga bisa mencoba Kupat Tahu Pojok yang tidak kalah terkenalnya. Bahkan tempat ini lebih dahulu ada karena telah beroperasi sejak tahun 1942. Jadi bagi Anda yang gemar berburu kuliner legendaris, harus memasukkan Kupat Tahu Pojok ke dalam bucket list.

Salah satu ciri khas kupat tahu di sini adalah bumbunya yang otentik dengan rasa yang konsisten. Jadi membuat pelanggan tetap setia. Tempat ini juga terkenal menyuguhkan kupat tahu dengan citarasa nendang. Pelanggannya datang dari berbagai kalangan, baik warga sekitar, para pejabat, bahkan presiden. Jam bukanya mulai 09.00-20.30 WIB.

Nasi Goreng Pak Yatno

nasi-goreng-pak-yatno-2.jpgAlamat: Jl. Jend. Sarwo Edhie Wibowo No.9, Sarangan, Banyurojo, Kec. Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Nasi goreng memang identik menjadi menu di malam hari. Jika berada di Magelang, bisa cicipi di Nasi Goreng Pak Yatno yang memiliki banyak pelanggan. Bagaimana tidak, saat beli di sini Anda perlu mengambil antrean karena pembelinya cukup banyak. Jadi persiapkan diri untuk lebih sabar saat mengantre.

Nasi goreng di sini memiliki citarasa yang konsisten. Pasalnya, sang pembuat secara telaten membuat satu per satu. Jadi citarasanya tetap sama dan membuat pelanggan puas. Selain itu rasanya enak dengan potongan ayam yang besar. Jika bosan nasi goreng bisa pesan menu lain seperti sego godog atau bakso. Jam bukanya, mulai 16.00 WIB-00.00 WIB.

Warung Ronde Miroso

Warung-Ronde-Miroso.jpgAlamat: Jl. Medang No.6A, Rejowinangun Utara, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang.

Jika malam hari terasa dingin, Anda bisa mencoba ronde legendaris di Warung Miroso. Tempat ini sudah berdiri lebih dari 60 tahun lamanya. Citarasa ronde di sini sudah tidak perlu dipertanyakan. Rasanya terkenal enak dengan bahan-bahan yang berkualitas. Karena itulah, tempat ini juga jadi langganan pada pejabat.

Melengkapi nikmatnya semangkuk ronde hangat, jangan lupa pesan sate pisang atau tahu bacem jumbo. Sate pisang di sini sangat terkenal dan membuat banyak wisatawan penasaran dengan rasanya. Jika tertarik dengan berbagai menu di sini, datang saja mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.

Bakmi Pak Naryo Rindam

Bakmi-Pak-Naryo-Rindam.jpgAlamat: Jl. Kesatrian Lor, Gelangan, Kec. Magelang Tengah, Magelang.

Bakmi Pak Naryo Rindam juga masuk jajaran kuliner malam populer di Magelang. Bahkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga pernah singgah ke sini. Meski namanya bakmi, namun sego godog jadi menu favorit banyak orang. Selain rasanya yang enak, porsinya melimpah dan tidak pelit topping.

Tempat makan ini sudah legendaris dan mulai buka tahun 1992, sampai sekarang tetap jadi salah satu favorit pecinta kuliner. Selain sego godog dan bakmi, ada berbagai menu lain yang bisa dicicipi. Ada nasi goreng, rica-rica, tongseng, dan lain-lain. Jam bukanya, mulai dari pukul 12.00 WIB sampai dengan 00.00 WIB.

Wedang Kacang Kebon

wedang-kacang-kebon.jpgAlamat: Jl. Pajang, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang.

Jika ingin minuman hangat di malam hari namun tidak terlalu suka dengan ronde, alternatif lainnya adalah wedang kacang. Salah satu tempat terkenal di Magelang adalah Wedang Kacang Kebon. Tempatnya juga sudah terkenal karena telah berdiri sejak tahun 1982. Satu porsi wedang kacang akan memberikan cita rasa manis, gurih, dengan sensasi hangat.

Jangan lewatkan juga memesan sate pisang yang lembut dengan balutan adonan tepung manis yang dikukus. Rasanya mirip dengan nagasari namun ditusuk dan tidak dibungkus. Lokasinya memang sederhana, meski begitu tidak mengurangi minat para pelanggan untuk terus datang. Jam bukanya, mulai dari pukul 16.30 WIB sampai 20.00 WIB.

Ternyata Magelang memiliki banyak kuliner malam yang menggoda untuk dicicipi. Jika ingin berkunjung, jangan lupa pesan transportasinya di Traveloka. Ada bus, travel, bahkan bisa sewa mobil untuk keliling Magelang lebih puas. Dengan pesan di Traveloka, pilihan transportasi banyak dan promonya menggoda. Segera instal aplikasinya ya!

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES