Kuliner

Berbumbu Petis Ikan, Rujak Erok-Erok Probolinggo Pedasnya Bikin Ngiler

Selasa, 31 Januari 2023 - 16:18 | 189.55k
Rujak Erok-erok Khas Kota Probolinggo, berisi potongan buah segar dengan bumbu petis ikan. (Foto: Taufik Hidayat/TIMES Indonesia)
Rujak Erok-erok Khas Kota Probolinggo, berisi potongan buah segar dengan bumbu petis ikan. (Foto: Taufik Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Berbicara soal rujak, rasanya kita dibuat ngiler sebelum menyantapnya. Nah, Kota Probolinggo, Jatim, ada rujak yang berbumbu petis ikan, rasanya tak mau kalah dengan rujak daerah lainnya. Rujak khas Kota Probolinggo ini bernama rujak erok-erok, berisi aneka irisan buah-buahan berbumbu. 

Rujak erok-erok dari Kota Mangga ini, memang sangat diminati oleh warga Probolinggo kususnya. Apalagi disajikan dengan aneka potongan buah-buahan dan juga krupuk yang menggugah selera. 

Bahan dasar dari rujak erok-erok ini adalah aneka buah-buahan, cabe, gula putih dan petis ikan atau petis Madura yang rasanya gurih asin. 

Untuk membuat rujak erok erok khas Probolinggo, tak membutuhkan banyak peralatan. Hanya butuh sebuah cowek dan uleg-uleg. 

Setelah menyiapkan peralatan, siapkan semua bahannya. Di antaranya gula putih, cabe (sesuai selera) dan petis ikan atau biasa disebut petis Madura, yang rasanya gurih asin. 

Selanjutnya sedikit gula dan cabe diuleg, dengan diberi sedikit sekali air, lalu masukkan petis ikan. Selanjutnya diuleg kembali, sampai semua bahan tercampur. Bagi yang suka pedas, cabe bisa disesuaikan. 

Rujak-Erok-erok-2.jpgRujak erok-erok ini lebih nikmat jika ditambah dengan kerupuk. (Foto: Taufik Hidayat/TIMES Indonesia)

Kemudian, siapkan irisan aneka buah-buahan di piring saji, lalu siramkan bumbu petisnya. Rujak erok-erok ini lebih nikmat jika ditambah dengan kerupuk.

Rujak erok-erok ini sangat mudah dijumpai di Kota Probolinggo. Biasanya rujak erok-erok ini laris manis dijual saat musim kemarau. Ini Karena rasa buah yang segar dan mengandung banyak vitamin juga protein dari petis ikan. 

Siti Maryam, salah satu penjual rujak erok-erok di Kota Probolinggo mengatakan, peminat rujak erok-erok di Kota Probolinggo ini cukup banyak. 

“Dalam sehari biasanya saya jual 30 sampai 40 porsi rujak erok-erok. Tapi kalau di hari-hari besar, seperti hari raya, biasanya dua sampai tiga kali lipat porsi yang saja jual,” kata Siti

Siti mengaku, membuka gerobak rujak erok-erok di pertigaan Jalan Suyoso Kota Probolinggo. Pelanggannya bukan hanya dari Kota Probolinggo saja, tapi juga dari luar Kota Probolinggo. Bahkan tak jarang Siti mendapat pesanan rujak erok-erok untuk acara rapat perusahaan.

Bagi anda yang penasaran dan ingin mencicipi rujak erok-erok, silakan dicoba. Banyak pedagang rujak erok-erok khas Kota Probolinggo(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES