Kuliner

Nikmatnya Rasa Legendaris Sate Gule Kambing Pak Seno Ponorogo

Kamis, 02 Februari 2023 - 13:36 | 268.80k
Pak Seno dengan warung sate gule ya yang melegenda di Ponorogo. (Foto:Marhaban/TIMES Indonesia)
Pak Seno dengan warung sate gule ya yang melegenda di Ponorogo. (Foto:Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Kepulan asap tidak kunjung berhenti menyembul dari depan sebuah warung sate gule sederhana di jalan raya Ponorogo - Wonogiri, tepatnya di kilometer 8 Desa Carat Kauman Kabupaten Ponorogo.

Warung tersebut bernama warung sate gule Pak Seno, yang merupakan salah satu warung  sate gule legendaris di Ponorogo khususnya di wilayah Somoroto yang berdiri sejak tahun 1971.

Seperti namanya warung sate gule Pak Seno didirikan oleh Pak Seno sendiri. Awalnya ia membuka warung di dalam pasar Somoroto, dan sejak tahun 1984 ia mulai menempati warung yang ada di jalan raya.

"Tahun 1971 sudah buka di dalam pasar Somoroto," kata Pak Seno kepada TIMES Indonesia Kamis (2/2/2023).

Menurutnya tahun 1971 itu masih jarang ada warung sate gule di Somoroto, "Hanya ada warung sate gule milik bude saya. Dan saya saat itu masih bantu-bantu saja," kata Pak Seno.

Setelah pasar hewan Somoroto pindah, Pak Seno membuka warung sendiri di rumahnya yang ada di pinggir jalan raya.

Bagi pecinta kuliner sate gule kambing di Ponorogo nama Pak Seno sudah tidak asing lagi, bahkan di acara hajatan baik yang ada di dalam kota maupun di pinggiran Ponorogo nama Pak Seno sudah melegenda.

Sate-Gule-Pak-Seno.jpg

Selain laris, rasa khas masakan sate gule kambingnya masih rasa yang dulu dan tidak berubah. "Kami terus berusaha mempertahankan resep masakan warisan dari bude saya," papar Pak Seno.

Seperti yang diungkapkan Sarji, salah satu pelanggan sate gule kambing pak Seno, "Rasanya gak berubah, masih seperti tahun-tahun 80-an. Sudah enak, murah lagi," ungkapnya.

Sarji pun mengaku, hampir seminggu sekali njajan sate gule kambingnya Pak Seno.

Di Ponorogo ada ratusan warung sate gule kambing, meski berada di wilayah pinggiran kota Ponorogo sate gule kambing Pak Seno selalu menjadi jujugan penikmat kuliner sate gule kambing.

"Pedasnya sate pas, dan rasa gulenya legendaris banget. Sejak dulu saya jadi pelanggan sate gulenya Pak Seno,"  ucap Rahmat yang mengaku sejak tahun 80-an sudah mengenal sate gule kambing Pak Seno.

Tidak tanggung-tanggung setiap harinya sate gule kambing Pak Seno di Kabupaten Ponorogo ini menghabiskan 2 ekor kambing. Dan buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB, kecuali hari Jumat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES