Kuliner

Inilah Tiga Rekomendasi Menu Sarapan Legendaris Khas Situbondo, Jamin Irit di Kantong

Senin, 13 Februari 2023 - 12:45 | 145.76k
Nasi Sodu, adalah menu legendaris khas Situbondo.(Foto: Zaira For TIMES Indonesia)
Nasi Sodu, adalah menu legendaris khas Situbondo.(Foto: Zaira For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Tak perlu bingung jika Anda melintas di wilayah Situbondo, Jawa Timur, untuk mencari sarapan dalam perjalanan atau sengaja untuk mencari menu sarapan yang irit di kantong. Di Situbondo, Jawa Timur, ada tiga menu legendaris khas Situbondo, yang direkomendasikan.

Tiga menu sarapan itu adalah Tajhin Palapa, Nasi Karak dan Nasi Sodu. Ketiga menu itu dijaman irit dikantong dan mudah ditemui di pinggiran jalan raya Situbondo. Soal rasa, tiga menu itu dijamin maknyus, harganya juga sangat murah meriah.

Yang pertama adalah Tajhin Palappa

Tidak afdhal jika bicara tentang menu sarapan khas Situbondo jika tidak bicara tentang Tajhin Palappa. Menu makanan yang satu ini memang cukup cocok sebagai menu sarapan. Tekstur halus bubur yang dipadukan dengan citarasa khas bumbu kacang tidak hanya bikin perut kenyang tapi juga vibes dan semangat terisi penuh. 

Untuk mendapatkan Tajhin Palappa, cukup pergi ke daerah Panji dan Patokan. Di mana kita akan dengan mudah menemukan warung Tajhin Palappa di pinggir jalan. Biasanya dipadukan dengan aneka gorengan dan teh hangat. 

Satu porsi Tajhin Palappa biasanya dijual mulai dari lima ribu rupiah dan bervariasi tergantung dengan toping gorengan yang Sobat comot selama menikmati Tajhin Palappa. 

Salah satu warung Tajhin Palappa legendaris yang bisa kita kunjungi adalah warung Tajhin Palappa yang ada di Jalan Pemuda, Capore, Mimbaan, Situbondo yang buka mulai subuh hingga pukul 07.00 WIB atau pagi hari. 

Kemudian ada menu yang namanya Nasi Karak

Nasi-Karak.jpgNasi Karak, terlihat simple, tapi rasanya tidak kalah dengan menu lainnya.(Foto: Hana For TIMES Indonesia)

Nasi Karak tau dengan sebutan nasi kucing khas Situbondo ini juga gak boleh banget dilupakan. Porsi yang ditawarkan biasanya sedikit karena ditujukan untuk sarapan pagi hari. Satu porsi Nasi Karak biasanya terdiri dari nasi aking, parutan kelapa dan ikan teri atau ikan berukuran kecil lainnya yang dilengkapi dengan 'bhuje cabbhi' (garam dan cabai rawit). Sambal cabai yang terdiri dari cabai, garam, gula dan vetsin yang diulek kasar. 

Harga satu porsi Nasi Karak cukup murah. Mulai dari Rp 5.000, dan dapat dengan mudah ditemukan di pinggir jalan dijajakan oleh masyarakat dengan seal boks di atas motor atau meja dalam bungkusan kertas minyak.

Lokasi terbaik untuk menikmati Nasi Karak adalah di sepanjang jalan raya daerah Panji. Disana, kita bisa menikmati sebungkus Nasi Karak secara langsung beralaskan tikar di pinggir jalan yang masih penuh dengan persawahan di sisi sampingnya. Back to nature. 

Yang terakhir adalah Nasi Sodu

Menu sarapan khas Situbondo lain yang bisa kita jadikan menu sarapan adalah Nasi Sodu. Jangan heran jika banyak makanan khas Situbondo memanfaatkan nasi dan ikan karena mata pencaharian masyarakat bumi Sholawat Nariyah mayoritas adalah petani dan nelayan. 

Nasi Sodu atau nasi soto kaldu menurut generasi milenial merupakan salah satu menu sarapan populer dan rekomendasi bagi kita yang dalam perjalanan atau tidak. Makanan khas ini terlihat sederhana tetapi rasanya melegenda dan tentunya kalian akan kangen terus untuk kembali ke Situbondo. 

Nasi Sodu ini terdiri dari nasi putih, lodeh labu kuning, sambal terasi, tahu dan ikan tongkol. Harganya nasi sodu ini cukup bersahabat yaitu sekitar Rp 5.000. Warung Nasi Sodu banyak ditemukan di daerah Situbondo Kota sekitar Dawuhan, Panji dan Sekitarnya. 

Salah satu warung Nasi Sodu rekomendasi adalah warung Nasi Sodu khas Asembagus yang ada di Desa Awar-awar Asembagus. Buka mulai subuh hingga pukul 09.00 WIB. 

Nasi Sodu biasanya dipadukan dengan berbagai menu sarapan lain yang juga turut dijual bersamaan dengan Nasi Sodu. Itulah beberapa rekomendasi menu sarapan khas Situbondo yang bisa kalian coba untuk santap di pagi hari yakni Tajhin Palapa, Nasi Karak dan Nasi Sodu. Selamat mencoba.(*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES