Kuliner

Manfaat serta Anjuran yang Benar Mengkonsumsi Daging Kambing

Senin, 27 Februari 2023 - 12:00 | 87.06k
Daging kambing panggang. (Foto: Dashu83/Freepik)
Daging kambing panggang. (Foto: Dashu83/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kandungan daging kambing juga cukup beragam. Dilansir dari Sehatq per 100 gram daging kambing mengandung kolesterol sebanyak 57 mg, lemak jenuh sebanyak 0,7 gram,  kalsium sebesar 13 mg, zat besi sebesar 2,8 mg, dan kalium sebesar 385 mg.

Belum lagi kandungan fosfor senilai 180 mg, natrium sebanyak 82 mg, zinc senilai 4 mg, selenium sebanyak 8,8 mcg, dan vitamin B3 sebanyak 3,8 mg, serta vitamin B12 sebesar 1,1 mcg. Ditambah lagi dengan folat sebesar 5 mcg, omega 3 sebesar 20 mg, dan omega 6 sebanyak 100 mg. 

Namun dengan kandungan nutrisi sebanyak itu, bahan makanan ini masih memiliki stereotype buruk karena dianggap memberikan pengaruh  tidak baik bagi kesehatan. Salah satunya penyakit jantung dan kolesterol. 

Namun dengan cara mengkonsumsi yang baik dan dianjurkn oleh dokter hal-hal mengkhawatirkan tersebut bisa dihindari. Yuk simak manfaat serta cara mengkonsumsi daging kambing di bawah ini.

Manfaat Mengkonsumsi Daging Kambing

Dengan segala nutrisi yang terdapat di dalamnya tidak dipertanyakan lagi kenapa daging ini  memiliki manfaat  cukup penting bagi kesehatan. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa kandungan viuutamin B12, folat, dan zat besi dapat membantu mencegah anemia.

Protein dan asam aminonya juga dapat meningkatkan masa otot. Selain dua manfaat di atas kalsium, kalium, dan fosfor yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu kesehatan tulang. Tidak disangka dengan konsumsi dalam jumlah yang cukup kalium yang terdapat di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Vitamin B12 dan folat dalam daging kambing juga dapat membantu mengurangi depresi. Selenium yang ada di dalamnya juga dapat mebantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Namun ada baiknya untuk mekonsultasikan aturan konsumsi yang baik kepada dokter anda. 

Cara Mengkonsumsi Daging Kambing yang Dianjurkan

Untuk menjaga agar nutrisi yang ada pada daigng kambing tidak menguap atau hilang ada baiknya untuk memasak daging kambing dalam panci presto atau pressure cooker. Perlu diperhatikan pula untuk tidak mengkonsumsi daging kambing matang lebih dari 70 gram per hari.

Bagi anda yang memiliki yang ingin mengkonsumsi dalam jumlah banyak pastikan anda tidak memiliki hipertensi terlebih dahulu. Jika ingin mengkonsumsi dalam jumlah banyak misalanya 10 tusuk sate dalam seporsi anda sebaiknya mengkonsumsinya sekali dalam 2 minggu.

Pilih daging kambing dengan sedikit lemak, dan usahakan dimasak dengan cara direbus bukan dibakar atau dipanggang. Saat mengkonsumsi daging kambing tetap makan menu seimbang dengan menambahkan sayuran hijau dan buah-buahan ke dalam piring anda. 
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES